Pengertian dan Makna Teks Pancasila Yang Wajib Diketahui

3 min read

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia merasakan salah satu hari yang sangat penting yakni sebagai hari lahirnya suatu dasar Negara Indonesia yaitu pancasila.

Terdiri dari 5 dasar, teks pancasila ini ternyata sangat penting kehadirannya bagi warga Negara Indonesia yakni digunakan sebagai pedoman dalam berbangsa maupun bernegara.

Sejarah lahirnya pancasila itu sendiri berawal dari pemberian janji kemerdekaan oleh perdana menteri Jepang pada saat itu yaitu bernama Koiso untuk Indonesia pada tanggal 7 September 1944 silam.

Pemerintah Jepang tersebut kemudian mendirikan BPUPKI atau badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia dimana dibentuk pada 1 maret 1954 silam.

Adapun tujuan dari dibentuknya BPUPKI tersebut adalah untuk mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan tata pemerintahan Indonesia Merdeka.

Sebagai warga Negara yang baik,  mengetahui makna yang terkandung dalam teks naskah pancasila merupakan hal yang cukup penting untuk dipelajari.

Pengertian Teks Pancasila

pengertian teks pancasila

Pancasila sendiri merupakan ideology, filsafat serta pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Pancasila sendiri terdiri dari 2 suku kata sansekerta yaitu Panca yang memiliki arti lima dan sila yang mempunyai arti prinsip atau asas.

Pancasila sendiri merupakan rumusan dan pedoman kehidupan dalam berbangsa serta bernegara bagi seluruh rakyat. Di dalamnya terdapat 5 sendi utama dimana semuanya tercantum di dalam paragraf ke-4 dari pembukaan Undang-undang dasar 1945.

Bukan hanya itu saja, tersirat 45 butir pancasila dimana menjadi pedoman penghayatan serta pengamalan pancasila. Dari semua butir tersebut pun berasal dari lima sila yang terdapat didalam pancasila tersebut.

Kendati teks naskah pancasila hanya terdiri dari 5 sila saja tetapi tidak sedikit dari masyarakat yang ternyata belum menghafal 5 sila tersebut. bahkan tidak jarang ada yang tidak hafal sama sekali. Hal ini mungkin disebabkan karena adanya tingkat pendidikan yang belum merata di Indonesia.

Untuk itulah, sebagai warga Negara yang baik, maka kita memang harus menghafal, menghayati serta mengamalkan nilai-nilai yang terdapat didalam pancasila tersebut dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita para leluhur tanah air Indonesia.

Makna yang Terkandung di Dalam Teks Pancasila

naskah pancasila

Di Dalam setiap sila pancasila ternyata terdapat simbol tersendiri. Simbol-simbol maupun teks tersebut ternyata mempunyai makna tersendiri yang harus dipahami oleh para bangsa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini makna yang terkandung didalam pancasila

  1. Sila Pertama: Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama yang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa sendiri dilambangkan dengan sebuah cahaya di bagian  tengahnya terdapat sebuah perisai dengan bentuk bintang yang mempunyai sudut lima dengan latar belakang warna hitam.

Lambang bintang tersebut mempunyai makna sebagai cahaya yang mana dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada para umat manusia. Sedangkan latar belakang  hitam yang terdapat pada lambang emas menggambarkan warna alam. Di mana merupakan berkah dari Tuhan yang menjadi sumber segalanya bagi muka bumi.

  1. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila pertama yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab dilamnbangkan dengan tali rantai bermata bulatan serta persegi yang berada di bagian kiri bawah perisai dengan latar belakang berwarna merah.

Mata rantai  yang memiliki bentuk persegi empat tersebut merupakan lambang laki-laki, sedangkan mata rantai lingkaran menggambarkan seorang perempuan. Sedangkan mata rantai yang saling mengaitkan merupakan hubungan timbal balik yang terjadi pada umat manusia baik itu laki-laki maupun perempuan.

  1. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Sila ketiga yang berbunyi persatuan Indonesia digambarkan dengan simbol pohon beringin. Pohon beringin tersebut mempunyai akar yang menjulur ke bawah. Ini bisa diartikan sebagai tempat untuk berteduh.

Jadi Pancasila digunakan sebagai dasar Negara diibaratkan sebagai sumber peneduh bagi bangsa Indonesia untuk berlindung maupun merasakan kenyamanan. Pohon beringin yang memiliki akar tunggang yang kuat bisa menggambarkan persatuan bangsa Indonesia.

Sedangkan sulur-sulur yang terdapat pada pohon beringin bisa menjadi lambang suku, agama dan keturunan yang berbeda-beda di Indonesia. Walaupun berbeda-beda tetapi tetapi satu bangsa yaitu Indonesia.

  1. Sila Keempat: Kerakyatan Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat yang terdapat dalam pancasila memiliki simbol berupa kepala banteng. Banteng sendiri diartikan sebagai seekor hewan social dimana suka berkumpul dan bergerombol. Ketika benteng berkumpul, tentu akan menjadi sangat kuat bukan.

Nah, makna yang terkandung didalam simbol kepala banteng dalam sila keempat sendiri mewakilkan budaya bangsa Indonesia dimana suka berkumpul, melakukan diskusi serta bermufakat. Kepala banteng sendiri digunakan sebagai perumpamaan manusia ketika mengambil keputusan.

  1. Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima dengan  bunyi keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas. Dimana padi dan kapas melambangkan dua hal yang dibutuhkan oleh manusia dalam bertahan hidup.

Padi sendiri melambangkan ketersediaan makanan sedangkan kapas merupakan ketersediaan pakaian. Dengan adanya ketersediaan pangan dan pakaian tersebut, maka manusia bisa bertahan hidup dengan nyaman.

Selain itu, setiap warga Negara Indonesia pun juga mempunyai hak atas pangan dan sandang secara adil dan setara tanpa membeda-bedakan. Karena ketersediaan sandang dan pangan bisa menjadi syarat suatu Negara dianggap sejahtera.

Contoh Penerapan Langsung Teks Pancasila didalam Kehidupan

teks pancasila dan lambangnya

Adapun beberapa contoh dari pengamalan teks pancasila didalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa contoh nyata dari pengamalan pancasila.

  1. Sila pertama
  2. Selalu percaya kepada Tuhan sesuai dengan anjuran-anjuran pada agama masing-masing setiap warga Negara Indonesia
  3. Melaksanakan apa yang sudah diperintahkan oleh-Nya sesuai dengan agama yang dianut masing-masing.
  4. Tidak memberikan paksaan kepada orang lain untuk menganut agama yang sama dengan orang bersangkutan.
  5. Sila kedua
  6. Tidak pernah menganggap berbeda orang-orang berdasarkan dengan suku, agama, warna kulit, tingkat pendidikan hingga tingkat ekonomi yang dimiliki
  7. Berusaha untuk menyadari apabila setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama rata.
  8. Sila ketiga
  9. Selalu cinta kepada tanah air dan juga bangsa
  10. Berusaha untuk menjaga nama baik bangsa dan negaranya
  11. Tidak pernah menjelek-jelekan bangsa sendiri tetapi justru membangga-banggakan bangsa lain.
  12. Sila keempat
  13. Hindari memaksakan kehendak kita kepada orang lain maupun apa yang dimiliki oleh orang lain.
  14. Mengutamakan apa saja hal yang menjadi kepentingan masyarakat, bangsa serta Negara.
  15. Bisa ikut serta ketika terdapat pemilihan umum.
  16. Sila kelima
  17. Berusaha untuk memberikan bantuan kepada orang lain sesuai dengan kemampuan yang kita miliki
  18. Hindari melakukan intimidasi kepada orang orang yang berhubung dengan hal milik yang anda miliki
  19. Mencoba menghormati hak dan kewajiban yang dimiliki oleh orang lain.

Demikian pengertian dan makna yang terkandung didalam teks pancasila. Sebagai bangsa yang baik, memang sudah menjadi kewajiban kita untuk menghafal, memahami serta mengamalkan poin-poin penting yang terdapat didalam pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *