10 Besar Suku di Indonesia dengan Jumlah Populasi Terbanyak

3 min read

suku bangsa di indonesia

Indonesia adalah negara multikultural yang mana terdiri dari banyak suku bangsa adat dan budaya. Berdasarkan hasil sensus kependudukan tahun 2010, ada 1.340 suku di Indonesia.

Jadi Anda tidak perlu heran jika satu daerah didiami oleh dua suku atau lebih. Berikut 10 besar suku yang populasinya paling banyak di Indonesia.

Suku di Indonesia

suku di negara indonesia

  1. Jawa

Suku yang mendominasi sebagian besar wilayah di Indonesia adalah Jawa. Meskipun tanah kelahirannya yakni Pulau Jawa menempati posisi ke 5 paling kecil di antara Sulawesi, Papua, Sumatera dan Kalimantan,

namun suku ini tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah suku ini diperkirakan sekitar 40% dari total populasi penduduk Indonesia.

Jawa sendiri merupakan suku yang dikenal dengan tata krama, kesopanan serta tutur kata yang lemah lembut. Pulau yang ditempati oleh suku Jawa bukan hanya Pulau Jawa saja, tapi tersebar ke berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini terjadi karena adanya program transmigrasi yang dilakukan pada masa pemerintahan Orde Baru.

Program tersebut bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa sebagai ibukota Indonesia dan pusat kegiatan nasional.

  1. Sunda

Suku dengan jumlah populasi terbanyak kedua adalah Sunda. Masyarakat Sunda umumnya menempati wilayah Pulau Jawa di bagian barat.

Meskipun berada di pulau yang sama dengan suku Jawa, namun Sunda berbeda dengan suku Jawa. Jumlah penduduk bersuku Sunda terdiri dari 15,5% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

Suku Sunda juga tidak hanya mendiami Pulau Jawa, mereka tersebar ke berbagai wilayah Indonesia dan paling banyak menempati wilayah Banten, Jakarta dan Jawa.

Berdasarkan catatan sejarah suku Sunda berasal dari bangsa Arya yang menempati wilayah Jawa Barat. Sedangkan suku Jawa berdasarkan surat kuno keraton Malang dikatakan berasal dari kerajaan Turki tahun 450 Sebelum Masehi.

  1. Batak

Suku Batak berasal dari daratan Pulau Sumatera di mana tepatnya Sumatera Utara. Suku ini juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dengan jumlahnya sekitar 3,5% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

Asal mula suku Batak versi para ahli sejarah adalah Thailand di mana Raja Batak dan rombongan dari Thailand menyeberang ke Sumatera melalui jalur Semenanjung Malaysia dan tiba ke Sianjur Mula Mula dan menetap di sana.

Ada pula sejarah yang menyatakan bahwa asal usul suku Batak adalah keturunan suku Mansyuria yang hidup di daerah Utara Tibet pada 7.000 tahun yang lalu.

Agar lebih jelas Anda bisa membaca sejarah Batak di berbagai situs terpercaya. Suku Batak terdiri dari beberapa golongan yakni Batak Toba, Batak Mandailing, Batak Pakpak dan Batak Karo.

  1. Madura

Madura juga termasuk suku terbanyak di Indonesia. Suku ini menempati Pulau Jawa tepatnya di bagian Jawa Timur. Suku ini berasal dari Pulau Madura dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Orang Madura dikenal dengan gaya hidupnya yang disiplin, rajin bekerja, hemat serta blak-blakan ketika berbicara. Total jumlah suku Madura adalah 3,03% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

Nenek moyang suku Madura diperkirakan berasal dari Tibet di mana melakukan perpindahan dengan melewati berbagai daratan hingga sampai di kawasan pulau-pulau kecil pada bagian timur Pulau Jawa.

Para pendatang dari Tibet tersebut mendiami kawasan tersebut dan menjadi nenek moyang suku Madura.

  1. Betawi

Selanjutnya ada suku Betawi yang selama ini dikenal menempati daerah pusat ibukota Indonesia yakni Jakarta. Suku Betawi adalah penduduk asli kawasan Batavia atau dikenal dengan Jakarta.

Mereka bermukim di sana sejak abad ke 17. Asal mula suku Betawi diperkirakan merupakan hasil perkawinan darah campuran dari beragam suku bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia kala itu.

Hal itulah yang membuat suku Betawi disebut sebagai penghuni asli Jakarta. Anda juga bisa menemukan suku Betawi di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Jumlah penduduk suku Betawi diperkirakan 2,88% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Sama seperti suku lainnya, suku Betawi juga memiliki bahasa sendiri yang kerap dituturkan dalam masyarakat sesama Betawi.

  1. Minangkabau

Suku di negara Indonesia paling banyak jumlah populasinya juga termasuk Minangkabau. Daerah yang paling banyak ditempati oleh suku Minangkabau ini adalah Sumatera Barat.

Masyarakat Minangkabau merupakan salah satu bagian dari rakyat Deutro Melayu alias Melayu Muda yang melakukan proses migrasi dari daratan China Selatan.

Jumlah suku Minangkabau adalah 2,73% dari total keseluruhan populasi penduduk Indonesia.

Suku Minangkabau banyak menempati kawasan Sumatera Barat, sebagian daratan Riau, bagian utara kawasan Bengkulu, bagian barat kawasan Jambi,

bagian barat daya Aceh dan kawasan Malaysia tepatnya di Negeri Sembilan. Meskipun begitu banyak orang yang mengetahui bahwa suku Minangkabau lebih dominan menempati kawasan Sumatera Barat.

Makanan khas suku Minangkabau sangat terkenal yakni rendang dengan cita rasa unik.

  1. Bugis

Suku Bugis merupakan suku yang berasal dari Sulawesi Selatan. Masyarakat dari suku Bugis juga menempati wilayah lainnya di Indonesia yakni Papua, Jakarta, Kalimantan hingga Riau.

Meskipun demikian, asal wilayah dari suku Bugis tetaplah Sulawesi Selatan. Anda juga bisa menemukan suku Bugis di luar negeri yakni Singapura dan Malaysia.

Suku Bugis juga termasuk dalam golongan suku Deutro Melayu yang masuk ke Nusantara setelah gelombang migrasi yang pertama dari Yunan.

Suku ini juga disebut berasal dari dua sejarah kerajaan Bugis yakni kerajaan Bugis Bone dan kerajaan Bugis Luwu. Populasi suku Bugis berjumlah 2,69% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

  1. Melayu

Suku yang berasal dari kelompok etnis Austronesia ini menempati wilayah di semenanjung Melayu hingga Pulau Kalimantan.

Masyarakat suku ini berada di kawasan pesisir Malaysia sehingga sering dikenal dengan sebuatan alam Melayu. Nama Melayu berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sungai Batang Hari, Jambi.

Suku Melayu menempati kawasan hingga ke luar Sumatera dan berkembang sampai Pulau Jawa, Kalimantan dan Semenanjung Malaysia. Jumlah masyarakat Melayu adalag 2,27% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

  1. Banjar

Selanjutnya ada suku Banjar yang mendiami Pulau Kalimantan. Berdasarkan Sejarah, suku Bajar terdiri dari beberapa sub etnis yakni Banjar Kuala, Banjar Hulu dan Batang Banyu. Jumlah suku Bajar adalah 1,74% dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

  1. Bali

Pulau Bali dikenal sampai ke mancanegara, seperti yang diketahui bahwa Bali sendiri merupakan kawasan wisata dunia yang ditempati oleh suku Bali.

Populasi suku Bali berjumlah 1,67% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Suku ini memang telah menyebar di sampai ke luar Pulau Bali namun adat istiadatnya tetap dijalankan sebagaimana mestinya.

Suku Bali bisa dikatakan sebagai suku yang sangat memegang adat dan budaya karena dalam kesehariannya mereka masih menggunakan bahasa dan budaya Bali.

Itulah beberapa penjelasan mengenai suku di Indonesia. Meskipun terdiri dari banyak suku yang berbeda-beda, namun Indonesia dibekali dengan ideologi persatuan yang kuat dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika sehingga diharapkan tidak terjadinya suatu perpecahan karena menempati suatu wilayah kesatuan Indonesia.

Tari Topeng Kesenian Budaya

admin
4 min read

Kunci Dasar Gitar

admin
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *