Poster Lingkungan Hidup Bersih dan Sehat

3 min read

Poster Lingkungan hidup merupakan suatu tempat yang sangat penting sekali keberadaanya. Karena kehidupan manusia memang bergantung pada lingkungan hidup.

Akan tetapi semakin bertambahnya usia jaman semakin sedikit lingkungan hidup yang masih ada. Hal ini dikarenakan memang sudah banyak sekali pembangunan bangunan, penebangan pohon secara liar, pembakaran hutan.

Sebenarnya ketika beberapa oknum merusak lingkungan hidup pasti akan ada dampak yang ditimbulkan.

Untuk saat ini pemerintah dari berbagai Negara sedang gencar-gencarnya untuk melakukan sebuah penyetaraan dan upaya untuk meningkatkan keberadaan lingkungan hidup.

Lantas bagaimana aksi kita sebagai masyarakat umum untuk mendukung penyelamatan lingkungan hidup ? Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk itu adalah membuat lingkungan hidup.

Fungsi Dari Poster Lingkungan Hidup

poster lingkungan hidup

Dibuatnya poster lingkungan hidup pastinya tidak dibuat secara asal-asalan tanpa adanya fungsi dibaliknya. Tentunya poster tersebut memiliki segudang makna dan juga fungsi yang bisa membuat masyarakat,

para penebang liar, dan berbagai kalangan yang merusak lingkungan hidup menjadi terketuk pintu hatinya untuk

menghentikan tindakan yang mereka lakukan selama ini. Nah apa saja fungsi dari poster dengan tema lingkungan hidup itu? Berikut adalah penjelasannya.

  • Menjadi media kritik

Fungsi dari poster dengan tema lingkungan hidup merupakan suatu bentuk kritik dari setiap orang yang memang merasa resah dengan keadaan lingkungan saat ini. Mereka mengkritik dengan sebuah kreatifitas yang dikemas dalam bentuk poster.

  • Media pembelajaran

Selain mengkritik ternyata fungsi lain dari poster tersebut adalah sebuah media pembelajaran.

Maksud dari pembelajaran disini adalah semua hal yang dimuat di dalam kritik berisikan informasi terkait rusaknya lingkungan hidup, efek ketika lingkungan hidup menjadi rusak,

bagaimana keadaan bumi saat ini, lalu cara menanggulangi dan menghidupkan lingkungan hidup seperti semula. Banyak harapan yang dituangkan dalam bentuk poster tersebut.

Harapan yang paling ingin diwujudkan adalah sembuhnya atau meningkatnya lingkungan hidup guna kelangsungan hidup yang lebih baik lagi untuk anak dan cucu kita semua kedepannya.

  • Menambah cantiknya dekorasi ruangan

Ketika dibuatnya sebuah poster pastinya memerlukan suatu media yang digunakan untuk meletakkan atau menempelkan poster tersebut.

Biasanya dibuatlah sebuah area mading pada spot-spot tertentu seperti sekolah, taman kota, area yang memungkinkan dilihat oleh banyak orang.

Karena saat ini poster dikemas dalam bentuk yang menarik, kreatif, unik dan tentunya mudah dicerna apa yang dimaksud dari poster tersebut.

Maka keberadaan dari mading akan makin cantik dengan tambahan dekorasi yang ditimbulkan oleh adanya poster tersebut.

  • Media iklan

Karena memang lingkungan hidup berhubungan dengan pepohonan atau tanaman yang bisa menjaga ekosistem lingkungan maka penting beberapa pengusaha memanfaatkan poster sebagai media iklannya.

Maksudnya adalah selain para pengusaha tanaman tersebut menyuarakan bagaimana keresahan mereka terhadap keadaan lingkungan hidup saat ini, mereka juga tak lupa untuk memberikan solusi.

Solusi yang mereka berikan biasanya adalah tanaman yang mereka jual bisa membantu untuk menghidupkan lingkungan hidup yang lebih baik.

Tips Membuat Poster Lingkungan Hidup

Membuat Poster Lingkungan Hidup

Membuat poster tidak bisa dibuat dengan asal-asalan tanpa memperhatikan beberapa aspek. Tentunya jika hal itu dilakukan maka pesan yang terkandung dan ingin disampaikan kepada masyarakat umum tidak bisa tersampaikan.

Untuk menghindari kesalahan tersebut maka ketika anda hendak membuat sebuah lingkungan hidup sebaiknya memperhatikan beberapa aspek atau tips berikut ini.

  • Poster harus bisa mudah untuk dibaca dan mudah untuk dimengerti

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah memastikan bahwa setiap informasi yang anda buat atau anda muat di dalam poster tersebut bisa memudahkan masyarakat untuk memahami dan mengerti.

Hindari kesalahan miskomunikasi dan juga kesalahpahaman terkait dengan apa yang akan anda sampaikan.

  • Penggunaan font yang benar

Hal selanjutnya yang masih berkaitan dengan poin satu adalah pemilihan font yang tepat. Pastikan bahwa font yang anda gunakan mudah untuk dibaca.

Selain itu perhatikan ukuran dari font tersebut, spasi antar kata, spasi antar kata. Karena jika saja beberapa hal tersebut anda abaikan alhasil poster yang anda buat tidak akan memudahkan masyarakat untuk membaca poster tersebut.

  • Pemilihan warna pada poster

Selain pemilihan font pemilihan warna yang digunakan pada poster sangatlah penting sekali. Mulai dari warna untuk font, warna untuk background, warna untuk beberapa ornament sebisa mungkin masih satu tema dengan apa yang anda buat.

Seperti ketika anda membuat poster untuk tema lingkungan hidup, anda bisa menggunakan warna biru atau hijau untuk warna yang digunakan.

  • Tidak terlalu ramai

Membuat desain poster sebaiknya jangan terlalu ramai. Hal ini agar pembaca bisa fokus terhadap poin yang akan anda sampaikan. Berikan ruang bernapas pada poster tersebut.

Usaha masukan hal-hal yang dirasa penting dan tidak terkesan berlebihan.

  • Desain yang minimalis

Masih berhubungan dengan poin keempat, tentunya anda bisa membuat desain poster yang minimalis. Kebanyakan poster dengan desain minimalis bisa membuat masyarakat tertarik untuk membacanya.

Dengan banyaknya pembaca dari poster yang anda buat, tentunya apa yang anda ingin sampaikan akan mudah untuk direalisasikan kedepannya.

  • Pemilihan ukuran poster yang dibuat

Ketika membuat poster selain beberapa poin di atas ada hal penting lainnya yang harus diperhatikan seperti ukuran poster.

Untuk ukuran poster sendiri sebenarnya tergantung media tempat poster tersebut akan ditempelkan. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk mengetahui seberapa luas media penempelan poster tersebut.

  • Desain dengan beberapa ukuran

Mungkin beberapa dari anda belum mengetahui berapa besar ukuran area untuk penempelan poster yang akan anda buat ini.

Untuk cari amannya anda bisa membuat beberapa desain dengan beberapa ukuran. Setiap font dan berbagai elemen yang masuk ke dalam poster tersebut disesuaikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Intinya masih bisa dibaca oleh setiap masyarakat.

  • Tahap cetak

Ketika desain yang anda buat sudah selesai maka anda bisa melanjutkannya ke proses cetak. Pada proses cetak ini anda bisa menggunakan jasa percetakan digital.

Pastikan setiap apa yang anda cetak mendapatkan hasil yang bagus dan tidak ada cacat atau pecah pada bagian gambarnya.

Jika anda mencetak poster dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya cetaklah satu kali dahulu sebagai tahap percobaan hasil. Jika dirasa hasil sudah sama dengan desain dan tidak ada kekeliruan,

maka anda bisa mencetak secara masal poster tersebut.

  • Target pembaca

Hal terakhir yang harus anda perhatikan adalah siapa target yang akan anda tuju ketika anda membuat sebuah poster.

Jika memang poster yang anda buat tersebut bertema untuk lingkungan hidup maka target anda adalah semua orang tanpa memandang usia.

Karena memang pada tema lingkungan hidup semua masyarakat bisa ikut membantu mewujudkannya.

Tentunya dengan memperhatikan beberapa hal diatas, poster lingkungan hidup yang anda buat akan lebih mudah untuk dimengerti masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *