Pengertian Proposal adalah?

Pengertian proposal adalah agenda dalam struktur tulisan mengandung rancangan kegiatan yang dijelaskan secara sistematis dan terperinci.

Proposal umumnya dipakai untuk pengajuan anggaran berkaitan dengan sesuatu aktivitas pada sebuah sponsor dan berharap untuk mendanai aktivitas tersebut.

Pengertian proposal tidak cuma itu saja, melainkan mempunyai pengertian yang lebih luas. Oleh sebab itu, buat lebih jelasnya pada postingan akan dibahas tentang pengertian proposal, berkaitan juga dengan ciri-cirinya dan bagaimana cara membuat proposal.

Pengertian Proposal

Proposal adalah konsep dalam bentuk tulisan mengandung konsep kegiatan yang dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal sebagai prinsip untuk melakukan aktivitas sesuai yang direncanakan.

Kata proposal secara etimologis didapat dari bahasa inggris yakni dari kata propose yang artinya pengajuan ataupun permohonan.

Pihak yang membagikan proposal biasanya menawarkan inspirasi, gagasan atau konsep kepada pihak lain supaya proposal yang diajukan mendapat support baik itu dukungan dalam bentuk izin, persetujuan maupun anggaran.

Pengertian Proposal Menurut Para Ahli

Bersumber pada pendapat para pakar pengertian proposal sebagai berikut.

  • Menurut KBBI
    Proposal yaitu konsep yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
  • Menurut Hasnun Anwar
    Proposal yaitu konsep yang disusun untuk melakukan aktivitas tertentu.
  • Menurut Jay
    Proposal yaitu alat dukung manejemen sesuatu aktivitas supaya manejemen kerja berfungsi secara efisien.
  • Menurut Keraf
    Proposal yaitu sesuatu masukan ataupun permohonan pada seseorang ataupun sesuatu badan untuk mengerjakan ataupun melakukan suatu pekerjaan
  • Menurut Rieefky
    Proposal adalah sesuatu bentuk rancangan aktivitas yang dibuat dalam bentuk resmi dan standar.
  • Menurut Hadi
    Proposal yakni sesuatu usulan terstruktur untuk agenda kerjasama bidang usaha antar lembaga, industri, usulan aktivitas sampai pada pemecahan permasalahan.

Struktur Proposal

pengertian proposal

Dalam menyusun proposal, penting buat kita mengikuti struktur proposal kegiatan. Bentuk yang bagus akan mudah disertai dan dimengerti oleh pihak-pihak bersangkutan, semacam sponsor ataupun Kepala Sekolah.

Pada umumnya struktur proposal kegiatan di sekolah terdiri dari:

1. Nama Kegiatan

Sebutkan nama kegiatan yang direncanakan dengan jelas, pendek, dan padat. Susuna nama kegiatan dalam frasa yang menarik buat dicermati.

2. Pendahuluan

Bagian pendahuluan terdiri dari latar belakang serta tujuan kegiatan. Sebutkan penyebabnya mengapa kegiatan yang direncanakan itu berarti buat dilaksanakan. Kemudian, sebutkan target ataupun tujuan dari kegiatan itu.

3. Isi Proposal

Isi proposal terdiri dari rincian aktivitas yang hendak dilaksanakan, siapa pesertanya, sarana apa saja yang diperlukan, dan waktu serta lokasi pelaksanaan.

4. Susunan Acara

Pada bagian ini dirinci susunan kegiatan yang direncanakan. Disebutkan juga waktu untuk setiap kegiatan, lokasi, serta siapa saja yang ikut serta pada agenda masing-masing.

5. Lapisan Kepanitiaan

Di bagian ini dikatakan siapa saja panitia yang bertanggung jawab atas penerapan kegiatan.

6. Perhitungan Dana

Rincian anggaran buat mengelenggarakan sesuatu kegiatan mesti selalu dicantumkan dalam proposal. Perkiraan anggaran sebagai pertimbangan penting buat sponsor. Bila perlu, penganggaran dana bisa dibedakan sebagai bagian persiapan sebelum kegiatan, operasional semasih kegiatan berjalan, dan laporan kegiatan setelah selesai dilakukan.

7. Penutup Proposal

Ternyata sekedar mengakhiri, bagian penutup proposal lebih berfungsi buat mendorong sponsor mengucurkan anggaran ataupun pihak yang berhak memberikan izin pelaksanaan kegiatan. Semangat dan optimisme atas kegiatan yang direncanakan bisa ditunjukkan pada bagian penutup proposal ini.

Ciri-ciri Proposal

Ada pula beberapa ciri yang dimiliki proposal:

  • Proposal dibikin bertujuan untuk meringkas aktivitas yang hendak dilakukan
  • Proposal menjadi pemberitahuan awal sesuatu aktivitas ataupun acara
  • Proposal mengandung tujuan kegiatan, latar belakang, waktu aktivitas dan rencana kegiatan.
  • terstruktur atas lembaran kertas yang bermuatan rancangan kegiatan yang sudah dijilid serta diserahkan pada pihak yang akan memberikan dukungan.
  • Proposal disusun bersumber pada tujuan-tujuan yang disesuaikan dengan latar belakang acara
  • Proposal berisi struktur acara ataupun kegiatan yang diserahkan pada pihak donator
  • Ada pihak yang mengajukan.

Salah satu ciri-ciri proposal yakni terdapatnya pihak yang mengajukan permohonan.

Pihak ini merupakan pihak yang menyarankan sesuatu konsep kegiatan. Ada pula ciri-ciri proposal lainnya seperti:

pengertian proposal

1. Terdapatnya Pihak yang Menyetujui

Pihak yang menerima dan memberikan support kepada acara yang diadakan pihak yang mengajukan permohonan

2. Memiliki Kekuatan Persuasif

Proposal mempunyai tujuan untuk menyakinkan orang lain supaya melakukan suatu yang dikehendaki pada waktu saat ini ataupun waktu yang akan datang

3. Disusun Sebelum Rencana Kerja

Proposal disusun sebelum adanya konsep kerja dengan cara keseluruhan serta berharap supaya penerima mengenali gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan.

4. Bersifat Bisnis

Proposal mempunyai sifat bidang usaha sebab bertujuan untuk mengadakan kerja sama dan kesepakatan atas sesuatu kegiatan.

5. Mempunyai Sasaran dan Tujuan yang Jelas

Proposal mesti mempunyai target dan tujuan yang jelas supaya proposal dapat diperoleh dan disetujui oleh pihak yang menerimanya.

Tujuan Proposal

Apa tujuan proposal? Secara umum tujuan proposal yaitu buat menyampaikan konsep kegiatan pada pihak terkait,

sehingga aktivitas itu bisa diperoleh dengan tujuan memperoleh dukungan, memperoleh izin, mendapatkan anggaran dan sponsor, dan sebagainya.

Aktivitas yang diselenggarakan juga bermacam-macam dapat berupa dialog, seminar, pentas, training, lomba, ataupun kegiatan dan acara lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan proposal antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Menyampaikan konsep kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Memaparkan secara langsung rencana dan kegiatan yang hendak diadakan pada pihak-pihak terkait.
  • Mendapat support terkait aktivitas ataupun penelitian yang akan diselenggarakan.
  • Mendapatkan persetujuan berbentuk izin kegiatan dari pihak dan otoritas terkait.
  • Memperoleh anggaran dan sponsor untuk penyelenggaraan sesuatu kegiatan ataupun penelitian.
  • Memberi garis besar kegiatan serta aktivitas pada anggota panitia.
  • Memastikan donatur untuk memberikan dukungan dana penyelenggaraan aktivitas ataupun penelitian.

Jenis-jenis Proposal

Secara umum, proposal mempunyai 4 jenis, antaranya adalah:

1. Proposal kegiatan Proposal buat melaksanakan sesuatu kegiatan. Berisi konsep kegiatan baik individu ataupun kelompok. Misalnya, pentas seni dan pameran.

2. Proposal bisnis Proposal yang berkaitan dengan bisnis, baik perorangan ataupun kelompok. Misalnya, proposal mendirikan sesuatu usaha, proposal kerja sama antar perusahaan, dan yang lainnya.

3. Proposal proyek dipakai pada dunia bisnis di mana isi proposal perihal susunan konsep kegiatan pembangunan.

4. Proposal penelitian Proposal yang biasanya dipakai pada aspek akademisi. Misalnya, proposal penelitian buat skripsi, tesis, serta lainnya. Proposal ini diajukan selaku kegiatan penelitian.

Unsur-unsur Proposal

pengertian proposal

Berikut ini hendak diulas tentang apa saja unsur-unsur yang terdapat pada proposal beserta pengertian dan penjabarannya secara lengkap.

1. Nama kegiatan (Judul)

Nama kegiatan/judul acara yang akan dilaksanakan harus tertulis dalam judul proposal.

2. Latar belakang

Latar belakang proposal berisi pokok-pokok pemikiran dan alasan perlunya diadakan kegiatan tertentu. Latar belakang ini sangat penting, karena orang-orang biasanya ingin tahu kenapa sebuah acara penting untuk dilakukan.

3. Tujuan kegiatan

Penyusunan proposal harus merumuskan tujuan sedemikian rupa agar target yang akan dicapai dan nilai tambah yang diperoleh dapat dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, tujuan harus dijelaskan agar lebih bisa terlihat manfaatnya.

4. Tema

Tema adalah hal yang mendasari kegiatan itu.

5. Sasaran/peserta

Penyusun proposal harus menetapkan secara tegas siapa yang akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

6. Tempat dan waktu kegiatan

Dalam proposal harus dituliskan secara jelas kapan dan di mana kegiatan akan dilaksanakan.

7. Kepanitiaan

Penyelenggara atau susunan panitia harus dicantumkan dalam proposal dan ditulis secara rinci.

8. Rencana anggaran kegiatan

Penulis proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis, serta memperhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

9. Penutup

Waktu menulis proposal, sebaiknya isinya diatur urut sesuai dengan yang sudah ditentukan. Dengan begitu, proposalmu lebih mudah terbaca

Demikianlah ulasan hal Pengertian Proposal: struktur, Tujuan, Ciri, Unsur, dan Jenis mudah-mudahan dengan terdapatnya pembahasan tersebut bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian semua

Tinggalkan komentar