Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian Observasi adalah sesuatu kegiatan pengamatan terhadap suatu objek secara langsung dan terperinci demi untuk mendapatkan informasi perihal objek tertentu.

Ilmu pengetauhan ialah dasar dari seluruh peristiwa ataupun kegiatan yang terjadi baik lingkup kecil ataupun besar. Pada dasarnya ilmu pengetahuan didapat dari metode belajar perihal peristiwa- peristiwa yang terjadi di sekitar kita atau didapat dengan cara tidak langsung dengan membaca ataupun mendengarkan uraian dari orang lain.

Dari penjelasan di atas, salah satu metode dalam memperoleh informasi dari suatu peristiwa merupakan dengan metode mencermati secara langsung ataupun biasa disebut dengan observasi.

Pengertian Observasi 

Observasi adalah suatu kegiatan pengamatan kepada suatu objek secara langsung serta terperinci guna untuk mendapatkan data perihal objek tersebut.

Pada umumnya, tata cara dalam melaksanakan aktivitas observasi haruslah tersistematis dan juga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Tidak hanya itu, objek yang diamati dalam aktivitas observasi haruslah jelas dan dicermati secara langsung.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Pengertian Observasi

Tidak hanya definisi umum, para pakar juga mempunyai pendapat tentang aktivitas observasi. Berikut merupakan beberapa pendapat ahli tentang penjelasan observasi:

1. Kartini Kartono

Pendapat Kartini Kartono, observasi ialah pengetesan dengan tujuan tertentu untuk mengetahui sesuatu, yang khususnya buat tujuan mengumpulkan fakta,

informasi, skor ataupun nilai, satu verbalisasi ataupun disebut dengan pengungkapan kata- kata dengan segala sesuatu yang pernah dicermati ataupun amati.

2. Nurkancana

Arti observasi menurut Nurkancana yaitu sesuatu metode untuk membuat sebuah penilaian dengan metode mengadakan observasi secara langsung dan juga sistematis.

Buat data- data yang sudah diperoleh dalam observasi itu selanjutnya dicatat pada suatu memo observasi. Dan kegiatan pencatatan itu sendiri juga merupakan bagian dari aktivitas pengamatan.

3. Sevilla

Pemantauan ataupun observasi dalam maksud sederhana merupakan proses dimana peneliti melihat situasi dari penelitian.

Buat metodenya wajib sesuai yang dipakai pada penelitian yang berbentuk pengamatan interaksi ataupun kondisi dari belajar mengajar, tingkah laku serta pula interaksi dari kelompok.

4. Sugiyono

Bagi Sugiyono, observasi yaitu sesuatu proses penelitian dengan mencermati sesuatu kondisi dari bahan- bahan observasi. Buat bagian cara pemantauan seperti ini sangat sesuai digunakan sebagai penelitian untuk proses pembelajaran, sikap dan perilaku.

5. Prof. Dokter. Bimo Walgito

Pengertian observasi merupakan sesuatu penelitian yang diterapkan dengan cara sistematis dan disengaja diadakan dengan mengenakan alat indera( terutama mata) atas kejadian–kejadian yang langsung bisa ditangkap pada waktu kejadian terjadi.

6. Gibson, R. L Dan Mitchell. M. H

Observasi ialah metode yang dapat untuk digunakan sebagai seleksi derajat buat memastikan suatu keputusan serta konklusi kepada orang lain yang dicermati. Buat observasi seperti ini tidak dapat dicoba sendiri melainkan harus dibantu menggunakan metode penelitian yang yang lain.

7. Prof. Dr. Bimo Walgito

Menurut Profesor. Dokter. Bimo Walgito, observasi yaitu sesuatu penelitian yang dilakukan dengan cara sistematis dan secara disengaja dilakukan. Yang diadakan dengan memakai perlengkapan alat( terutama mata) dengan memandang kejadian- kejadian yang langsung dapat ditangkap pada saat waktu kejadian berlangsung.

8. Patton

Penafsiran observasi adalah suatu metode yang cermat dan spesifik. Metode pengumpulan data dan juga wajib memiliki tujuan serta mencari informasi- informasi mengenai seluruh kegiatan yang sedang berlangsung untuk dijadikan objek analisis untuk sebuah penelitian.

9. Arifin

Observasi adalah sesuatu proses pengamatan dan juga pencatatan dengan cara logis, sistematis, objektif dan juga rasional untuk hal berbagai macam fenomena. Baik itu dalam fenomena yang mampu dalam suasana buatan untuk meraih suatu tujuan khusus ataupun sebenarnya.

10. Nawawi Serta Martini

Menurut Nawawi dan Martini, pemantauan merupakan suatu observasi dan juga pencatatan dengan cara urut yang terdiri dari unsur- unsur yang timbul dalam sesuatu kejadian pada objek penelitian tersebut. Serta hasil dari observasi tersebut selanjutnya bakal diberitakan dengan susunan secara sistematis dan juga sesuai dengan kaidah- kaidah yang resmi.

Ciri-ciri Observasi

Pada dasarnya, observasi ialah aktivitas untuk menemukan suatu data dari subjek. Akan tetapi, aktivitas observasi juga mempunyai karakteristik tertentu. Secara biasa, ada 3 ciri- ciri dari observasi, adalah:

  • Objektif, dicoba dengan menurut kondisi objek tunggal nyata yang dicermati secara langsung.
  • Faktual, observasi dilakukan sesuai kenyataan yang berasal dari observasi yang telah dilakukan dan sudah terbukti kebenarannya tanpa ada dugaan yang tidak jelas.
  • Sistematik, aktivitas observasi dilakukan sesuai tata cara yang sudah ditentukan dari awal dan tidak asal- asalan.

Tidak hanya itu ada tujuan yang akan dicapai ketika melaksanakan aktivitas observasi. Tujuan itu berupa informasi tentang kesimpulan hasil observasi perihal objek yang sudah dicermati guna untuk dijadikan sarana sumber ilmu pengetahuan.

Jenis-jenis Observasi

Pengertian Observasi

Aktivitas observasi adalah aktivitas yang sangatlah umum serta bisa dilakukan oleh orang banyak. Oleh sebab itu untuk mengklasifikasikannya, aktivitas observasi digolongkan menjadi 3 tipe yakni:

1. Observasi Partisipasi

Observasi partisipasi adalah aktivitas pemantauan yang dilakukan dengan adanya pengamat yang ikut serta secara langsung dan aktif dalam objek yang dicermati.

2. Observasi Sistematis

Merupakan aktivitas observasi berkerangka ataupun sudah didetetapkan terlebih dahulu kerangka- kerangka dalam pemantauan. Sebelum memulai aktivitas observasi biasanya ada beberapa aspek ataupun parameter yang akan diobservasi.

3. Observasi Eksperimental

Observasi eksperimental ialah pemantauan yang sudah direncanakan secara matang guna untuk menguji ataupun meneliti objek tertentu.

Tujuan Observasi

Aktivitas atau kegiatan observasi ini jelas mempunyai tujuan khusus yang mau dicapai. Dibawah ini merupakan tujuan dari observasi antara lain sebagai berikut:

  • Untuk bisa menggambarkan sesuatu objek serta seluruh yang berkaitan dengan objek penelitian itu dengan melalui pengamatan dengan memakai panca indera.
  • Untuk dapat memperoleh suatu kesimpulan mengenai objek yang diamati, yang mana kesimpulan itudisusun di dalam suatu laporan yang relevan dan juga berguna untuk bahan pembelajaran.
  • Untuk dapat memperoleh sesuatu data ataupun juga informasi yang dapat dibagikan pada pihak lain itu di dalam bentuk buatan ilmiah ataupun juga non- ilmiah.

Manfaat Observasi

Merujuk pada pengertian dan tujuan observasi yang sudah dikatakan sebelumnya, ada beberapa manfaat pemantauan yang dapat diperoleh. Dibawah ini merupakan beberapa arti observasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hasil observasi itu bisa dikonfirmasi dengan hasil riset.
  • Deskripsi di dalam pemantauan itu bisa menjelaskan ataupun juga memprediksi mengenai dunia nyata.
  • Memungkinkan orang lain untuk dapat menafsirkan hasil penemuan dan bagaimana akan diinterpretasikan.
  • Observasi ini juga bisa menarangkan perihal sesuatu peristiwa atau kejadian serta dapat dicoba kualitasnya, dan juga menimbulkan spekulasi perihal peristiwa itu didalam ketentuan nyata.
  • Observasi ini bisa mencatat indikasi yang adakala tidak nyata berlangsungnya.
  • Cara pemantauan ini dapat mencatat kondisi yang tidak bisa direplikasikan di dalam sesuatu eksperimen.
  • Sesuatu peristiwa atau kejadian bisa dicatat dengan dengan cara kronologis sehingga berurutan.
  • Suatu observasi itu bisa dikombinasikan dengan memakai sistem yang lain.

Seperti itu penjelesan perihal pengertian observasi, Mudah- mudahan bisa menambah pemahaman dan juga berguna untuk anda semuanya.

Tinggalkan komentar