Pengertian Implementasi Adalah Menurut Para Ahli

3 min read

Pengertian Implementasi adalah menjadi warga negara yang baik tentunya anda perlu mengetahui wawasan mengenai persatuan dan kesatuan. Wawasan mengenai pemberdayaan rakyat yang maksimal, dunia yang tanpa batas, Kesadaran warga negara dan juga era baru kapitalisme.

Perlu kita ketahui bahwa saat ini kehidupan individu dalam bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara kini tengah mengalami perubahan. Dan perubahan tersebut merupakan hal yang lumrah dan terjadi secara Alamiah. Untuk ulasan kali ini kita akan membahas mengenai Implementasi.

Pengertian Implementasi adalah

pengertian implementasi adalah

 

Implementasi adalah sebuah tindakan atau proses gagasan yang telah disusun dengan cermat dan sangat detail dan terperinci sebelumnya.  Dan implementasi pada umumnya tuntas sesudah dianggap permanen.

Sedangkan menurut pendapat lainnya bahwa implementasi merupakan suatu tindakan atau aksi nyata dalam melaksanakan rencana yang telah dirancang dengan matang. Implementasi bermuara pada mekanisme suatu sistem.

Untuk penerapan implementasi harus sesuai dengan perencanaan yang telah dirancang agar menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga implementasi ini bermuara pada sistem atau mekanisme.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia maka implementasi adalah penerapan atau pelaksanaan.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Agar anda dapat lebih memahami apa itu Implementasi maka kita juga dapat merujuk kepada beberapa pendapat menurut para ahli mengenai Implementasi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Grindle ( Mulyadi, 2015:47 ) ia menyatakan bahwa implementasi proses umum tindakan administratif yang dapat diteliti pada tingkat program tertentu.
  2. Nurdin Usman ( Usman 2002 : 70 ) ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum yang mengemukakan pendapat mengenai implementasi atau pelaksanaan. Implementasi ialah bermuara pada aktivitas dan adanya mekanisme sistem, implementasi juga merupakan kegiatan yang terencana.
  3. Guntur Setiawan ( Setiawan, 2005 : 39 ) ia berpendapat dalam bukunya yang berjudul implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Ia berpendapat bahwa implementasi ialah perluasan aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi dan memiliki tujuan dan tindakan untuk dapat mencapainya.
  4. Wheelen Dan Hunger mereka berpendapat bahwa implementasi suatu proses untuk dapat menempatkan dan menerapkan informasi dalam Operasi.
  5. H. Tachjan ( 2006 ) menurut pendapat seorang guru besar ilmu administrasi di UNPAD Bandung . Bahwa implementasi adalah proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah adanya kebijakan yang telah disetujui.

Tujuan Implementasi

Setelah semuanya dirancang dan dianalisis maka sistem siap diterapkan atau diimplementasikan. Dan implementasi merupakan tahap dimana sistem informasi yang digunakan oleh pengguna. Dan wajib untuk melewati tahap pengujian dengan tujuan untuk menjamin tidak terjadinya kendala yang fatal.

Dan  berikut ini merupakan beberapa tujuan implementasi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Tujuan Untuk dapat mewujudkan tujuan-tujuan yang telah disepakati di dalam perencanaan dan juga kebijakan yang telah dirancang.
  • Memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu kebijakan atau rencana yang telah dirancang demi peningkatan dan perbaikan mutu.
  • Memiliki tujuan untuk dapat melaksanakan rencana yang telah atau disusun dengan baik, cermat, dan teliti, baik yang dilakukan oleh individu maupun secara kelompok.
  • Memiliki Tujuan untuk mengetahui kemampuan masyarakat dalam menerapkan suatu kebijakan atau rencana yang sesuai dengan yang diharapkan.
  • Memiliki tujuan untuk dapat menguji serta mendokumentasikan suatu prosedur dalam penerapan rencana atau kebijakan.

Implementasi Sistem

Implementasi sistem akan dilakukan jika kebijakan sudah dibuat, dan pekerjaan selanjutnya adalah mengorganisasikan, lalu melakukan kepemimpinan untuk dapat memimpin proses serta melakukan pengendalian proses tersebut. Dan jika dibahas secara detail maka kegiatan di dalam manajemen implementasi harus melalui :

  1. Implementasi Strategi
  2. Adanya pengorganisasian
  3. Penggerakan serta kepemimpinan
  4. Adanya pengendalian Implementasi yang melibatkan usaha dari policy makers atau pembuat kebijakan

Tujuan Implementasi Sistem

Tujuan Implementasi Sistem

  • Untuk membuat desain sistem selama melakukan penelitian analisa
  • Untuk menguji dan mendokumentasikan prosedur dan juga program yang dibutuhkan
  • Untuk memperhitungkan sistem yang sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan pengguna
  • Untuk menyelesaikan desain sistem yang telah disetujui

Dan untuk kebijakan yang sederhana maka implementasi akan melibatkan satu badan yang memiliki peran sebagai implementor. Untuk kesuksesan implementasi maka kebijakan akan ditetapkan dengan banyaknya aspek dan variabel dan masing-masing variabel sama-sama berkaitan antara satu dengan yang lain.

Prosedur Implementasi

  1. Budaya Organisasi
  2. Desain Organisasi dan susunan organisasi
  3. Hak dan wewenang serta kewajiban Pendelegasian
  4. Pembagian pekerjaan serta desain pekerjaan
  5. Perekrutan dan peletakan sumber daya manusia
  6. Pengembangan kemampuan organisasi serta kemampuan sumber daya manusia

Kebijakan Publik

Kebijakan publik ialah salah satu program yang menyertakan sarana dan juga prasarana yang dibuat oleh suatu organisasi atau institusi publik yang membutuhkan penerapan dan juga tujuan ke masyarakat ramai dengan mempertimbangkan berbagai hal yang menghambat dan juga mendukungnya. Kebijakan publik dibuat oleh pemerintah yang berisi tindakan-tindakan pemerintah. Dan kebijakan publik harus berorientasi kepada kepentingan publik dan kebijakan publik ialah tindakan pemilihan opsi atau alternatif untuk dilaksanakan oleh pemerintah untuk kepentingan publik dan masyarakat.

Implementasi Kebijakan Publik

Implementasi Kebijakan Publik

Implementasi kebijakan publik ialah mengacu pada tindakan untuk dapat mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dalam suatu keputusan. Dan ini merupakan salah satu tahapan penting dalam siklus kebijakan publik secara keseluruhan.

Menurut Abidin ( Tahir , 2014 : 27 ) Bahwa implementasi suatu kebijakan publik berkaitan dengan dua faktor utama yaitu :

  1. Faktor internal yang meliputi kebijakan yang akan dilaksanakan dan Faktor-faktor pendukung.
  2. Faktor eksternal yang meliputi kondisi lingkungan dan pihak-pihak terkait.

Konsep Implementasi Publik

Dan secara konseptual maka dapat dikatakan sebagai sebuah proses pengumpulan sumber daya serta diikuti dengan penentuan tindakan yang harus diambil agar dapat mencapai tujuan kebijakan.

Ini merupakan bentuk dari transformasi rumusan yang telah diputuskan dalam kebijakan yang menjadi berbagai macam pola operasional yang dapat menimbulkan perubahan sebagaimana yang dipesankan pada kebijakan-kebijakan sebelumnya. Untuk implementasi kebijakan publik maka meliputi 3 unsur sebagai berikut :

  1. Tindakan ekonomi yang dapat mempengaruhi tindakan para stakeholder
  2. Tindakan yang dapat diambil oleh badan atau lembaga administratif
  3. Dan tindakan yang dapat mencerminkan ketaatan kelompok target serta jejaring sosial.

Dan dari ketiga unsur diatas maka dapat menimbulkan dampak baik yang sesuai dengan yang diharapkan dan juga dapat berdampak buruk yang tidak diharapkan. Untuk mengimplementasikan kebijakan umum maka terdapat dua pilihan langkah yaitu langsung mengimplementasikan dalam bentuk program –program. Maupun melalui formulasi kebijakan derivat atau turunan dari kebijakan umum itu.

Model dan Pendekatan Implementasi Kebijakan Publik

Di Dalam implementasi kebijakan maka terdapat beberapa model pendekatan yang dapat menjadi acuan maupun pedoman untuk dapat melaksanakan suatu kebijakan publik. Dan model-model implementasi kebijakan akan dapat mempengaruhi penerimaan publik terhadap suatu kebijakan . Dan berikut ini terdapat beberapa model dan pendekatan implementasi kebijakan publik yaitu :

  1. Model Mazmanian dan Sebatier
  2. Model Grindle
  3. Model Goggin Bowman dan Lester
  4. Model jaringan
  5. Model Nakamura Dan Smalwood
  6. Model Elmore dkk.
  7. Model Van Meter Dan Van Horn
  8. Model Hoodwood dan Gun

Pengertian Implementasi adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *