Pengertian Artikel adalah?

Apa yang diartikan dengan artikel? Pengertian artikel adalah sesuatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan ataupun fakta yang dapat membujuk,

memastikan, mendidik, serta menghibur pembacanya, dan diterbitkan ke suatu media( jurnal, majalah, koran, situs, media sosial, dan lainnya).

Ada pula yang mengatakan arti artikel adalah sesuatu karangan berupa esai yang isinya menyatakan ide- ide ataupun fakta- fakta dengan cara objektif, dimana tujuannya buat memastikan, membujuk, serta menghibur pembacanya.

Isi yang di informasikan di dalam sesuatu artikel bisa bermacam- macam, tergantung poin yang diulas. Ada beberapa contoh isi postingan yang sering diterbitkan lewat bermacam media yaitu;

  • Informasi sejarah
  • Hasil penelitian
  • Argumentasi tentang isu tertentu
  • Petualangan seseorang
  • Tutorial atau bimbingan yang mengajarkan sesuatu pada orang lain

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

pengertian artikel

Untuk lebih menguasai apa itu artikel, sehingga kita dapat merujuk pada pendapat sebagianm para ahli berikut ini:

1. Rillan E. Wolseley

Menurut pendapat Rillan E. Wolseley, pengertian artikel yaitu karangan tertulis yang panjangnya tidak bisa didetetapkan, dimana tujuannya buat menyatakan gagasan ataupun fakta dengan tujuan meyakinkan, mendidik, maupun menghibur.

2. Sumandiria

Menurut pendapat Sumandiria, pengertian artikel yakni sesuatu karya tulis leluasa yang isinya berbentuk opini mengenai permasalahan yang sifatnya aktual dan umumnya bersifat kontroversial dengan tujuan menghibur, memberitahu, mempengaruhi, serta memastikan para pembacanya.

3. Al–‘ Aqli

Menurut pendapat Al–‘ Aqli, postingan adalah karya tulis yang dibikin oleh setiap disiplin ilmu dan masing- masing pembahasan itu dikaji dan pula diselesaikan dengan tuntas, jelas, dan lugas maka pembaca bisa mengambil inti sarinya.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia( KBBI)

Menurut pendapat KBBI, arti artikel adalah sesuatu karya tulis yang dibikin dengan cara lengkap, semacam esai pada majalah ataupun laporan surat berita, dan lain sebagainya.

5. Cambridge Dictionary

Menurut pendapat Cambridge Dictionary, pengertian artikel ialah suatu tulisan yang mangulas subjek khusus dan dipublish di bermacam media, seperti; koran, majalah, ataupun di internet.

Ciri-ciri Artikel

Merujuk pada penjelasan arti artikel di atas, sehingga suatu artikel bisa dikenali karakteristiknya. Adapun ciri- ciri artikel yaitu sebagai berikut:

  1. Pada umumnya artikel dibikin dengan cara ringkas, padat, jelas, dan tuntas.
  2. Isi yang dituturkan dalam suatu artikel dilandasi oleh fakta, bukan fiksi ataupun mitos yang kebenarannya masih diragukan.
  3. Artikel bersifat informatif serta faktual, mengatakan informasi berlandaskan sesuatu penelitian dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Suatu artikel bisa mengandung opini serta analisis, akan tetapi harus berlandaskan teori dan data yang valid.
  5. Penulisan artikel memakai bahasa baku ataupun resmi, dan kalimat yang lugas, logis, denotatif, serta efektif.
  6. Tata cara penulisan artikel dibikin dengan cara sistematis sehingga pembaca bisa mengerti isinya dengan mudah.

Jenis-jenis Artikel

pengertian artikel

Secara umum, terdapat 5 jenis artikel yang selalu kita baca tiap hari. Mengacu pada pengertian artikel di atas, adapun jenis-jenis artikel yaitu sebagai berikut:

1. Narasi

Artikel narasi ialah jenis artikel yang isinya menerangkan mengenai susunan peristiwa secara sistematis( awal, tengah, dan akhir). Di dalam narasi ada tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contoh narasi; biografi, autobiografi, cerita pengalaman.

Contoh Artikel Narasi

Akhirnya, hari ini datang. Hari ini saya dan keluargaku hendak pergi ke kebun binatang Ragunan. Saya bangun pagi- pagi sekali, setelah itu membantu bunda menyiapkan perlengkapan yang hendak dibawa.

Sebelum berangkat, kita sarapan terlebih dahulu.

Jam 07. 00 kita pergi menuju kebun binatang Ragunan. Kita berangkat ke kebun binatang menaiki mobil papahku. Papah dan bundaku duduk di depan, sedangkan saya dan kakakku duduk di belakang.

2. Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel berbentuk karangan yang menerangkan mengenai sesuatu hal pada pembacanya, sehingga pembaca seolah- oleh bisa merasakan, melihat, serta mendengar isi dari deskripsi.

Contoh Karangan Deskripsi

Saya mempunyai kucing bernama Blacky, ia berwarna gelap pekat dengan mata yang amat putih. Memiliki ekor panjang dan bulu yang lembut.

Blacky amat senang bermain bola dan hobi memakan ikan dan nasi. Blacky senantiasa menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang telah disediakan. Itulah Blacky kucing kesayanganku.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menerangkan ataupun memberikan informasi mengenai sesuatu topik supaya menambah pemahaman pembacanya.

Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, serta informasi pendukung yang ada.

Contoh Artikel Eksposisi

Ozone therapy merupakan pengobatan sesuatu penyakit dengan metode memasukkan oksigen, urni serta ozon berenergi tinggi ke dalam badan lewat darah. Ozone therapy ialah pengobatan yang amat berkhasiat untuk kesehatan, baik buat memulihkan penyakit yang kita derita ataupun sebagai pencegah penyakit.

4. Argumentasi

Artikel argumentasi adalah sesuatu karangan yang tujuannya mau meyakinkan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan data atau fakta sebagai alasan. Di dalam artikel argumentasi umumnya ada unsur opini dan informasi, serta kenyataan sebagai pendukung opini.

Contoh artikel Argumentasi

Musim kemarau pada tahun ini merupakan kemarau terparah dalam kurun 7 tahun terakhir. Hujan tidak turun sepanjang 5 bulan menyebabkan tanah dan sumber air jadi kering.

Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi bakal turun pada bulan depan. Apabila tentang itu terjadi, maka dapat dipastikan bahwa kemarau tahun ini tidaklah kemarau yang biasa, disebabkan terjadi sepanjang 6 bulan.

Sebaliknya menurut data yang di informasikan oleh BMKG tahun lalu, kemarau cuma terjadi sepanjang 4 bulan. Dengan demikian, orang tani banyak yang merugi sebab gagal panen karna tidak ada air yang membasahi sawah mereka.

5. Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang isinya bermaksud buat mempengaruhi pembaca sehingga mau melaksanakan sesuatu yang disarankan oleh sang penulis dalam karangannya. Artikel semacam ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanye, misalnya kampanye anti Narkoba yang isinya menarangkan mengenai bahaya Narkoba.

Contoh Artikel Persuasi

Bermukim di kota yang padat seperti di Jakarta, setiap pribadi sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu trik yang sangat mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan merupakan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Seperti halnya disaat musim hujan diberbagai pintu air yang terdapat di Jakarta dipadati dengan kumpulan sampah yang tidak nyaman dipandang. Hal ini sering menyebabkan air meluap dan banjir di wilayah pemukiman.

Sampah yang dibuang asal- asalan akan menyumbat arus air pada selokan. Pada saat hujan tiba akan menimbulkan banjir sebab air tidak bisa mengalir pada selokan. Untuk itu marilah kita tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

Tujuan dan Manfaat Artikel

pengertian artikel

Pembuatan serta publikasi artikel mempunyai tujuan dan manfaat khusus buat sang penulis dan pembacanya. Ada pula beberapa tujuan dan faedah artikel yakni sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana buat menyatakan gagasan penulis pada publik.
  2. Sebagai alat publikasi hasil pemikiran dengan cara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  3. Menolong penulis untuk berpendapat dengan cara sistematis serta melatih penggunaan bahasa secara baik dan teratur.
  4. Membantu penulis buat memahami tujuan menulis sehingga diharapkan mempunyai komptensi dalam menulis artikel.
  5. Metode untuk menjelaskan ataupun mangulas sesuatu permasalahan sesuai dengan aspek ilmu tertentu.
  6. Memberikan dampak akademis pada penulis artikel.

Seperti itu penjelasan pendek tentang pengertian artikel, ciri- ciri, jenis, serta tujuan dan khasiat suatu artikel. Mudah- mudahan postingan ini berguna dan menambah pemahaman kalian semuanya.

Tinggalkan komentar