Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian Analisis adalah suatu usaha penelitian, penjabaran, hingga pemecahan sesuatu permasalahan.

Cara analisis dalam kehidupan sehari-hari tidak sekedar digunakan dalam konteks ilmu sosial. Melainkan analisis juga digunakan dalam seluruh ranah kehidupan hingga yang sangat ilmiah sekalipun.

untuk mendapatkan pemahaman yang tepat akan suatu permasalahan perlu dilakukan suatu analisis. Hasilnya, akan dipaparkan buat menyusun pemecahan terbaik. Dengan mempraktikkan ilmu mengenai analisis, permasalahan dalam kehidupan selalu ada jalan keluar.

Pengertian Analisis

Sebutan analisa bersumber dari bahasa Yunani Kuno“ analusis”, yang mempunyai makna“ melepaskan”.

Dalam wujud kalimat, analisis diartikan sebagai suatu proses pemeriksaan serta evaluasi dari informasi ataupun data yang lingkungan menjadi

bagian-bagian yang lebih kecil buat mempelajarinya lebih dalam serta bagaimana bagian-bagian ini berkaitan satu sama lain.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

pengertian analisis

Tidak hanya penjelasan di atas, para ahli dan pakar mempunyai pemikiran yang berbeda-beda dalam mendeskripsikan apa itu analisis. Buat lebih jelasnya, berikut ini pengertian analisis menurut para ahli secara lengkap.

1. Komaruddin

Pengertian analisis bagi Komaruddin merupakan kegiatan berpikir buat menguraikan sesuatu keseluruhan sebagai komponen sehinga bisa mengetahui tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain serta fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terstruktur.

2. Wiradi

Menurut Wiradi, definisi analisis yaitu sesuatu tindakan ataupun kegiatan memisahkan, memilah, serta mengklarifikasikan sesuatu, yang setelah itu dikelompokkan menurut ukuran tertentu.

Sesudah itu, masing-masing komponen itu dicari maknanya, ditafsirkan, serta dicari kaitannya.

3. Dwi Prastowo Darminto

Dwi Prastowo Darminto mendefinisikan sebutan analisis sebagai sesuatu aksi memerinci suatu subjek atau objek tertentu menjadi beberapa bagian.

Tiap bagian itu diamati, kemudian dicari hubungannya dengan bagian lain yang tersambung, dengan tujuan memperoleh arti yang pas serta supaya mudah dimengerti dengan cara keseluruhan.

4. Syahrul

Syahrul mengutarakan istilah analisis sebagai sesuatu kesibukan melihat dan mengevaluasi kondisi dari ayat-ayat ataupun pos-pos dalam bidang akuntansi untuk selanjutnya dicari tampaknya perbedaan yang muncul.

5. Rifka Julianty

Rifka Julianty beranggapan jika deskripsi analisis merupakan kegiatan pemerincian sesuatu pokok menjadi beberapa bagian serta dikaji setiap bagiannya.

kemudian dicari hubungan antar bagian itu dan membuat pengertian yang pas supaya pokok yang diartikan bisa didefinisikan dan dimengerti secara akurat.

6. Mohammad Afdi Nizar

Menurut Mohammad Afdi Nizar, analisis merupakan evaluasi ataupun pengecekan dari ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi buat mengungkap dan memahami hubungan sebab-akibat, sehingga memberikan dasar buat penyelesaian permasalahan dan pengambilan keputusan.

7. Harahap

Menurut Harahap, pengertian analisis merupakan sesuatu usaha buat memecahkan ataupun menguraikan suatu bagian menjadi bermacam bagian terkecil.

8. Gorys Keraf

Analisa dimaksud sebagai suatu proses buat memecahkan suatu ke dalam bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lainnya.

9. Anne Gregry

Maksud analisis bagi Anne Gregry didefinisikan sebagai suatu langkah awal dari proses perencanaan.

10. Robert J. Schreiter( 1991)

Analisa merupakan aktivitas membaca teks, dengan menempatkan isyarat dalam interaksi yang dinamis serta pesan yang disampaikan.

11. Minto Rahayu

Arti analisis adalah suatu cara dalam membagi sesuatu subyek ke dalam komponen-komponen, mencakup melepaskan, menanggalkan, menguraikan suatu yang terikat padu.

11. Husein Umar

Pengertian analisis ialah sesuatu proses kerja dari susunan tahapan pekerjaan sebelum penelitian, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.

12. Efrey Liker

Pengertian analisis bagi Liker yakni kegiatan dalam mengumpulkan bukti, buat mendapatkan sumber sesuatu permasalahan, yakni akarnya.

13. Hanif Al Fatta

Arti analisa yakni langkah awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang amat menentukan kualitas sistem data yang dikembangkan.

14. Peter Salim dan Yenni Salim

Pengertian analisis bagi Peter Salim dan Yenni Salim antara lain merupakan sebagai berikut:

Analisis adalah penyelidikan kepada sesuatu peristiwa( perbuatan, karangan dan sebagainya) buat memperoleh kenyataan yang tepat( asal usul, sebab, pemicu sebenarnya, dan sebagainya).

Analisis merupakan penguraian pokok perkara atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dengan pemahaman secara totalitas.

Analisis yakni pemaparan( pembentangan) suatu hal, serta sebagainya setelah ditelaah secara seksama.

Analisis merupakan proses pemecahan permasalahan yang diawali dengan hipotesis( dugaan, dan sejenisnya) hingga teruji kebenarannya melalui beberapa kepastian( peninjauan, percobaan, dan sebagainya).

Analisis yakni proses penyelesaian permasalahan( melalui ide) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten buat meraih pengertian perihal prinsip-prinsip dasarnya.

15. Menurut Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa

Dalam hal ini, analisis diartikan sebagai pemeriksaan terhadap sesuatu peristiwa( karangan, ataupun perbuatan) buat mengenali keadaan yang sebenarnya( sebab musabab, duduk perkaranya).

16. Kamus Akuntansi

Menurut kamus akuntansi, pengertian analisis merupakan melaksanakan evaluasi kepada situasi dari pos-pos ataupun ayat-ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan mengenai perbedaan yang muncul.

Pengertian Analisis Secara Umum

Pengertian analisis secara umum adalah suatu keahlian memecahkan ataupun menguraikan sesuatu materi ataupun data menjadi komponen-komponen yang lebih kecil sehingga lebih mudah dimengerti.

Analisis bisa diartikan sebagai upaya dalam mencermati suatu secara mendetail dengan cara menguraikan komponen pembentuknya ataupun menata suatu komponen buat kemudian dikaji lebih mendalam.

Pengertian analisis lainnya adalah aktivitas berpikir untuk menguraikan sesuatu pokok menjadi bagian ataupun komponen sehingga bisa dikenal karakteristik ataupun tanda di setiap masing-masing bagian ataupun komponen, hubungannya satu sama lain sampai fungsi masing-masingnya.

Tujuan Analisis

pengertian analisis

Tujuan analisis adalah buat mengumpulkan informasi yang pada akhirnya data-data itu dapat dipakai untuk bermacam kebutuhan pelaku analisis.

Umumnya akan digunakan dalam menuntaskan krisis ataupun pula konflik, atau bisa saja cuma dipakai sebagai arsip.

Di dalam aspek pendidikan analisis ini digunakan buat melaksanakan suatu penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.

  • Memperjelas evaluasi, pengelompokan, dan membenarkan bagian yang kurang.
  • Buat keperluan tiap-tiap pelaksana analisis.
  • Melaksanakan percobaan, efisiensi, dan keamanan.
  • Digunakan buat perencanaan serta penentuan tindakan.
  • Dan lain-lain.

Fungsi Analisis

Fungsi analisis adalah untuk bisa mengumpulkan data-data yang ada pada sesuatu lingkungan khusus. Analisis dapat diaplikasikan di berbagai jenis lingkungan juga keadaan.

Analisis akan lebih maksimal digunakan dalam kondisi kritis juga kondisi yang membutuhkan strategi.

Diakibatkan karna analisis bisa mengenali dengan cara mendetail mengenai kondisi lingkungan saat ini.

Contoh Analisis

Salah satu contoh untuk analisis ini berhubungan dengan perusahaan. Dalam perihal ini yang dipakai adalah analisis SWOT.

SWOT merupakan kepanjangan dari strength( kekuatan), Weakness( kelemahan), Opportunity( peluang), dan Threats( ancaman). Dari ketiga faktor ini kinerja dan juga struktur dari industri itu akan dicermati satu persatu.

Hasil dari analisis SWOT ini sendiri bisa dipakai untuk bermacam keperluan perusahaan. Seperti untuk membantu menanggulangi krisis internal ataupun pula eksternal dari perusahaan sendiri.

Tidak hanya dari itu hasil dari analisis bisa dijadikan arsip dan juga digunakan sebagai pembanding perkembangan perusahaan, sebagai salah satu patokan buat bisa meningkatkan kemampuan kerja dan juga pengembangan produk perusahaan.

Sekian dan terima kasih telah membaca perihal Pengertian Analisis, Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya, mudah-mudahan bisa bernilai untuk kalian semua

Tinggalkan komentar