Norma Kesusilan | Pengertian, Arti, Tujuan, dan Contohnya

Norma kesusilaan adalah peraturan ataupun ketentuan sosial yang manfaatnya mengatur tindak- tanduk sikap masyarakat dalam kehidupan sehari- hari.

Tidak hanya norma kesusilaan, terdapat pula norma agama, norma hukum, serta norma sopan santun.

Pengertian Norma Kesusilaan

norma kesusilaan

Pada hakikatnya orang hidup dalam suatu sistem masyarakat yang mempunyai aturan- aturan. Peraturan itu jadi pengikat supaya manusia sebagai anggota masyarakat tetap melaksanakan tindakan yang baik.

Dengan cara spesifik, peraturan yang menata tata perilaku manusia dalam kehidupan masyarakat disebut sebagai kesusilaan.

Dikutip dari buku Kamus Sosiologi buatan Agung Tri Haryanta dan Eko Sujatmiko, kesusilaan berawal dari kerutinan yang dibuat manusia sebagai anggota masyarakat, misalnya sopan santun.

Kesusilaan mempunyai posisi yang lumayan kokoh dalam masyarakat, di mana satu pihak mempunyai kekuatan memaksa ataupun mencegah atas sesuatu perbuatan para anggotanya.

Dapat diartikan kalau kesusilaan merupakan perlengkapan supaya anggota masyarakat membiasakan perbuatannya dengan peraturan yang telah disetujui dalam masyarakat tersebut.

Norma kesusilaan bersumber dari 2 kata adalah norma dan kesusilaan, yang secara bahasa bisa diartikan sebagai:

  • Norma
    Norma ialah sesuatu aturan ataupun prinsip yang diciptakan manusia sebagai makhluk sosial yang karakternya memaksa ataupun manusia wajib tunduk pada peraturan itu.
  • Kesusilaan
    Kesusilaan berarti perilaku yang bagus yang berkaitan dengan akhlak dan sopan santun

Dari kedua penafsiran itu bisa disimpukan jika, kesusilaan merupakan norma ini berawal dari hati nurani manusia yang dipraktikkan berkali- kali menjadi sesuatu kerutinan.

Norma Kesusilaan Contohnya

norma kesusilaan

Norma adalah peraturan ataupun kaidah yang disetujui sebagai pedoman sikap masyarakat untuk menciptakan sesuatu yang baik

serta diinginkan ataupun lebih persisnya norma merupakan prinsip bertingkah laku yang mengandung perintah, anjuran, dan larangan.

Kesusilaan berupa peraturan yang bersumber dari nurani manusia ataupun mengenai baik buruknya suatu sikap. Semacam contoh di bawah ini:

  • Tidak menyakiti hati orang lain
  • Berbuat jujur, adil, serta menghargai orang lain.
  • Meminta maaf jika melakukan kesalahan.
  • Tidak ebrbuat seenaknya terhadap orang lain.
  • Menghargai pendapat orang lain.
  • Berbuat sopan keapda yang lebih tua.
  • Berbicara hal-hal yang baik.
  • Tidak mengambil hak orang lain.
  • Menyayangi sesama manusia.
  • Berperilaku dermawan.

Jika sanksi itu tidak ditegakkan sangsinya tidak tegas karena hanya diri sendiri yang merasakan seperti menyesal, malu, merasa bersalah dan lain-lain.

Arti Norma Kesusilaan dan Kesopanan

norma kesusilaan

Norma kesusilaan

Norma kesusilaan adalah suatu wujud dari norma yang memberikan bimbingan terhadap metode untuk melaksanakan ibadah

dan juga tingkah laku yang dimiliki oleh manusia didalam melaksanakan pemutusan kepada seluruh macma perihal yang dimana haruslah dicoba, dijauhi dan juga ditentang.

Contoh:

  1. Jujur dari segala macam bentuk tindakan dan pebuatan
  2. Menghomati seitiap individu.
  3. Memberikan bantuan kepada yang membutuhkan.
  4. Tidak menggangu kenyamanan yang dilakukan oleh orang lain.

Norma kesopanan

Norma kesopanan adalah suatu wujud dari peraturan hidup yang dimana berawal dari suatu hasil pergaulan sebuah kelompok.

Norma itu akan mempunyai sifat relatif yang dimana berarti tiap- tiap tempat akan mempunyai perbedaan pada norma kesopanan yang ada.

Contoh:

  • Menghargai orang yang dikira lebih tua
  • Menerima segala rupa hal dengan tangan kanan
  • Tidak mengatakan kata kasar
  • Tidak meludah di seenaknya tempat
  • Tidak melakukan penyelaan ketiak orang lagi berbicara
  • Mengenakan busana yang cocok dengan sopan dan beradab

Tujuan Norma Kesusilaan

norma kesusilaan

Semacam pada tujuan dari norma yang menata masyarakat sehingga terjadi warga yang kondusif.

Kesusilaan pula mempunyai tujuan memberikan petunjuk mengenai metode bersikap dan bertingkah laku dalam memutuskan perihal yang harus dilakukan, dicegah ataupun ditentang.

Tentang hal ini membuat kesusilaan bersifat umum serta dicoba oleh semua orang, penyebab terjadinya perihal ini juga dipengaruhi filosofi kesusilaan yang bermula dari hati nurani manusia.

Akan tetapi, tidak jarang norma ini bisa teratasi dengan jalan memohon maaf serta bersikap tidak akan mengulangi kesalahan lagi.

Sanksi Norma Kesusilaan

Norma adalah peraturan yang ada dalam masyarakat, jikalau ada yang melanggar peraturan itu tentunya bakal dikenakan sanksi atau hukuman.

Kategori sanksi yang dikenakan pada tiap norma berbeda- beda, tergantung dari seberapa berat ataupun peraturan yang langgar, serta seberapa kuat norma itu diberlakukan dalam masyarakat.

Pada kasus pelanggaran norma ini ada pula sanksi yang diterima ketika melanggar norma ini yaitu di antara lain rasa bersalah serta penyesalan mendalam bagi pelanggarnya.

Tidak hanya penyesalan dan rasa bersalah, tidak jarang seseorang yang melanggar kesusilaan pula mendapatkan hukuman berupa kecaman, sindiran, serta prasangka yang tidak bagus dari masyarakat setempat.

Ciri-ciri Kesusilaan

Bersumber pada penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa sesuatu kesusilaan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut:

  • Berasal dari hati nurani manusia
  • Bersifat lokal di sesuatu masyarakat tertentu
  • Bisa berubah- ubah sesuai dengan situasi di masyarakat tersebut
  • Sanksi dari norma ini bersifat individu, semacam diasingkan dari masyarakaat, merasa malu, ataupun penyesalan secara kejiwaan.

Demikianlah artikel terkait norma kesusilaan. Mudah- mudahan bisa bermanfaat buat kamu semua, Terimakasih.

Tinggalkan komentar