Perubahan Logo Koperasi Indonesia

Logo Koperasi – Suatu organisasi resmi tentu tidak akan lengkap tanpa adanya lambang atau logo. Selain untuk menunjukkan eksistensi dan identitas suatu organisasi, logo juga berguna agar orang semakin mengenal organisasi tersebut.

Koperasi adalah salah satu organisasi resmi di Indonesia yang bergerak dalam bidang ekonomi. Koperasi ini dikelola oleh anggotanya sendiri dengan asas kekeluargaan. Dalam eksistensinya dan sebagai identitasnya, koperasi juga memiliki logo resmi dan lambang koperasi Indonesia selalu digunakan dalam setiap kegiatannya.

Pengertian Logo Koperasi Indonesia

Logo Koperasi Indonesia pertama kali diperkenalkan di Kongres Koperasi Indonesia pertama pada tahun 1947. Sejak saat itu, logo ini dipakai dalam setiap kegiatan dan dicetak sebagai kop surat. Namun logo ini juga mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan perkembangan zaman.

Selain itu, undang-undang tentang perkoperasian juga mengalami perubahan. Untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur serta menyelaraskan dengan perkembangan keadaan, maka diterbitkanlah Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 12 tahun 1967 tentang Perkoperasian.

Dalam perkembangannya, lambang Koperasi Indonesia mengalami perubahan sebanyak dua kali sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947. Perubahan pertama terjadi pada tahun 2012, dan perubahan kedua terjadi pada tahun 2015 dan masih digunakan hingga saat ini.

Menariknya, perubahan lambang Koperasi Indonesia pada tahun 2015 adalah untuk mengembalikan lambang Koperasi seperti logo lamanya yang dipublikasikan pada tahun 1947.

Perkembangan lambang ini menarik karena menunjukkan bahwa Koperasi Indonesia ikut berkembang mengikuti perubahan zaman, namun tetap memengang jati diri serta tidak melupakan filosofi dan jiwa Koperasi Indonesia.

Berikut adalah keterangan makna lambang Koperasi beserta perkembangan perubahannya:

Logo Koperasi Lama Tahun 1947 – 2012

logo koperasi lama

Berdasarkan Lampiran Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 01/Per/M.KUKM/II/2015 tentang Perubahan Lambang/Logo Gerakan Koperasi Indonesia, deskripsi makna logo adalah sebagai berikut:

1. Rantai

melambangkan persahabatan yang kokoh.

2. Roda bergigi

menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus-menerus.

3. Kapas dan padi

Kapas dan padi menggambarkan kemakmuran rakyat yang diusahakan oleh koperasi.

4. Timbangan

Timbangan melambangkan keadilan social sebagai salah satu dasar koperasi.

5. Bintang

Dalam perisai artinya Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi.

6. Pohon beringin

menggambarkan sifat kemasyarakatan dan kepribadian Indonesia yang kokoh berakar.

7. Logo Koperasi Indonesia

menandakan lambang kepribadian koperasi rakyat Indonesia.

Logo ini memiliki bentuk dasar berupa lingkaran. Secara berurutan, rantai berada di sebelah kiri lingkaran, disusul dengan roda bergigi yang terletak di bagian atas lingkaran, kemudian di sebelah kanan lingkaran adalah rangkaian kapas dan padi.

Bersama dengan banner Koperasi Indonesia di bagian bawah lambang, keempat lambang ini membentuk rangkaian lingkaran yang mengelilingi beringin yang terletak bagian tengah logo.

Rantai, roda bergigi, padi, dan timbangan berwarna kuning, sedangkan beringin dan kapas berwarna hijau dan putih.

Bintang berwarna kuning dengan latar belakang banner berwarna hitam terletak di tengah timbangan, dan keduanya terletak di atas beringin.

Tulisan Koperasi Indonesia yang berwarna hitam terletak pada bendera banner berwarna putih di bagian bawah lambang.

Latar belakang keseluruhan lambang memiliki warna merah dan putih dengan kombinasi yang berselang-seling.

Warna merah berada di radian satu dan tiga lingkaran pada lambang koperasi, sedangkan warna putih terletak pada radian dua dan empat lingkaran.

Warna-warna pada latar belakang lambang koperasi ini melambangkan bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih, serta menggambarkan semangat dan jiwa Indonesia dalam diri koperasi Indonesia.

Perubahan kedua lambang koperasi Indonesia ini didasarkan pada aspirasi gerakan koperasi Indonesia yang menghendaki lambang/logo gerakan koperasi Indonesia dikembalikan menjadi lambang/logo gerakan koperasi Indonesia sebagaimana ditetapkan dalam Kongres Koperasi Indonesia pertama di Tasikmalaya tahun 1947.

Dengan demikian, Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tentang Penggunaan lambang Koperasi yang mengatur tentang perubahan pertama lambang Koperasi Indonesia dicabut dan menjadi tidak berlaku.

Lambang Koperasi Baru

logo koperasi baru
lambang koperasi baru 2012 – sekarang

Perubahan pertama lambang Koperasi baru diatur dalam Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Nomor 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia.

Walaupun sudah dicabut dan tidak berlaku lagi, dalam pembahasan ini kita perlu mengetahui perubahan apa yang terjadi pada logo ini.

Alasan perubahan lambang ini berdasarkan Peraturan Menteri tersebut adalah untuk memperkuat visi dan misi Koperasi Indonesia dalam mempersatukan tekad, semangat berdasarkan nilai dasar dan prinsip jatidiri koperasi, untuk meningkatkan citra dan eksistensi koperasi serta kepercayaan terhadap Koperasi Indonesia.

Untuk mendorong dan meningkatkan kinerja pengurus dan pengelola serta prestasi anggota koperasi, maka perlu dilakukan perubahan Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia dan perubahan lambang.

Arti Lambang Koperasi Indonesia

Arti Logo Koperasi

Dalam lampirannya, dijelaskan bentuk dan makna perubahan lambang Koperasi. Bentuk logo adalah sekuntum bunga teratai bertuliskan Koperasi Indonesia. Berikut adalah penjelasan logonya:

1. Bentuk Bunga

logo pada lambang Koperasi dalam bentuk gambar bunga memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia.

Lambang bunga pada logo ini mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif, inovatif, sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi.

2. Empat Sudut Pandang Arah Mata Angin

Logo pada lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:

  1. Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
  2. Sebagai dasar perekonomian nasional yang bersifat kerakyatan;
  3. Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi;
  4. Selalu menuju pada kunggulan dalam persaingan global.

3. Teks Koperasi Indonesia

Lambang pada lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi.

Teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi pada lambang koperasi ini mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik di dalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya.

4. Warna pastel

Lambang pada lambang Koperasi Indonesia yang berwarna pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa.

Selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel pada lambang koperasi melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal.

Warna pastel pada lambang koperasi ini juga menggambarkan peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya.

5. Tulisan, lambang, dan tata warna

Logo atau lambang koperasi menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat lambang-lambang berikut:

  • Tulisan

Teks Koperasi Indonesia pada lambang koperasi merupakan identitas lambang.

  • Gambar

Empat kuncup bunga yang saling bertaut pada lambang koperasi dihubungkan dengan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya.

Gambar pada lambang koperasi ini menggambarkan seluruh pemangku kepentingan yang saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia.

  • Tata warna

Lambang koperasi Indonesia ini memiliki tata sebagai berikut:

Warna hijau muda dengan kode warna C:10, M:3, Y:22, dan K:9;

Warna hijau tua dengan kode warna C:20, M:0, Y:30, dan K:25;

Warna merah tua dengan kode warna C:5, M:56, Y:76, dan K:21; dengan

Perbandingan skala 1:20.

Logo Koperasi Indonesia digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia.

Logo Koperasi Indonesia

Tinggalkan komentar