Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa

Jenis Pekerjaan – Bertugas sebagai salah satu cara manusia dalam menjaga hidupnya serta pekerjaan merupakan suatu yang dilakukan oleh orang buat memperoleh uang.

Pekerjaan dibedakan jadi 2 macam yakni pekerjaan yang menghasilkan barang serta ada pula karier yang menghasilkan jasa. Terdapat banyak jenis pekerjaan ataupun karier yang bisa dipilih serta dijalani oleh setiap orang sesuai dengan keahlian serta keterampilannya.

Macam-macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

jenis pekerjaan

1. Dokter

Banyak kanak- kanak kecil yang bercita- cita jadi dokter, dokter memanglah memberikan jasa pelayanan dalam mengobati banyak orang sakit. Tentu saja profesi itu merupakan sesuatu perkerjaan yang amat mulia.

Namun buat menjadi seorang dokter, seorang wajib menempuh pendidikan terlebih dahulu sebab profesi menjadi dokter ini berkaitan dengan nyawa manusia sehingga tidak bisa asal- asalan dilakukan.

2. Guru

Guru kerap disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sebab jasanya yang besar dalam membimbing serta mengajarkan murid- murid supaya bisa pandai dan berhasil ketika kelak nantinya.

Tidak hanya mendidik dan mengajar, kewajiban lain dari seorang guru adalah melatih, menilai, membimbing, mengarahkan, kemudian mengevaluasi hasil ataupun ilmu yang telah diajarkan kepada muridnya.

3. Tukang cukur

Sebagai tukang cukur tidak mesti melalui pendidikan khusus namun pekerjaan yang berkaitan dengan jasa cukur rambut ini memerlukan keahlian khusus.

Jasa yang diberikan oleh tukang cukur merupakan memberikan pelayanan dalam mencukur rambut dan juga merapikan rambut sesuai kemauan konsumen.

4. Sopir( pengemudi)

Tipe sopir yang dapat dijadikan pekerjaan misalnya sopir angkutan umum ataupun sopir individu, serupa halnya dengan tukang cukur,

sopir pula membutuhkan kemampuan khusus yakni mengemudikan kendaraan dengan baik serta mengantarkan penumpang ke tempat yang dituju. surat izin mengemudi alat transportasi dapat diperoleh dengan cara belajar sendiri ataupun pada tempat kursus mengemudi dengan setelah itu nantinya memperoleh SIM dari kepolisian.

Kategori pekerjaan ini dapat dicoba oleh siapa saja, bahkan banyak pula anak- anak SMA yang menjadikan profesi ini sebagai sampingan.

5. Polisi

Polisi disebut selaku pengemban kewajiban negara dalam menegakkan hukum serta menghindari ataupun meniadakan kejahatan yang sering kali terjadi di kehidupan sehari- hari.

Kategori pelayanan yang diserahkan polisi pada masyarakat yaitu menjaga keamanan serta kedisiplinan kehidupan masyarakat, memberi pengayoman, perlindungan, serta pelayanan pada masyarakat indonesia.

6. Pramugari

Pramugari ialah salah satu satuan tugas pesawat yang berperan melayani penumpang sepanjang berada di dalam pesawat serta selama perjalanan.

Jasa pelayanan yang biasa diserahkan pramugari pada penumpang antara lain menyediakan makanan dan minuman, memberi pemahaman tentang prosedur keamanan di pesawat, dan lain- lain.

Jenis Pekerjaan yang Mnghasilkan Barang

jenis pekerjaan

1. Nelayan

Nelayan merupakan orang yang menjaring ikan di lautan serta membawa ikan tersebut ke darat untuk dijual kepada konsumen.

Nelayan mempunyai daerah pekerjaan di sekitar perairan baik perairan tawar, laut, ataupun air asin. Cara nelayan menjaring ikan di lautan dapat menggunakan perlengkapan manual maupun modern.

2. Penulis

juru tulis merupakan seorang yang bekerja dengan cara membuat suatu konten yang bisa diperjual belikan.

Namun penulis juga dapat di kategorikan sebagai karier Jasa sebab penulis pula dapat disewa apabila konsumen meminta untuk dibuatkan artikel sesuai permintaannya.

Profesi ini sangat sesuai untuk seseorang yang sanggup merangkai kata- kata sehingga nyaman dan menarik untuk dibaca.

3. Percetakan

Jenis karier yang menghasilkan barang lainnya yakni percetakan, profesi ini berkaitan dengan memproduksi gambar maupun karya mengenakan mesin cetak ataupun tinta.

Pada umumnya barang yang diperoleh oleh percetakan ini berupa buku, majalah, harian, poster, dan lain sejenisnya.

4. Tukang kayu

Pekerjaan tukang kayu pula sedang mengalami kenaikan sebab banyak sekali produk ataupun barang yang diperoleh dari kayu yang digunakan oleh banyak orang misalnya lemari, tempat tidur, kusen, bangku, apalagi atap rumah.

Hasil dari mebel berbahan kayu, bahkan terdapat yang sampai diimpor ke luar negara sebab mempunyai corak dan bahan yang baik.

5. Penjual makanan

Dunia kuliner sudah sangat familier di kehidupan kita sebab terus menjadi banyaknya jenis masakan yang beraneka ragam yang dijual oleh banyak orang.

Menjajakan makanan pula termasuk pada pekerjaan yang mengasilkan barang dan barang yang dihasilkannya, yaitu makanan yang dikonsumsi pembelinya contohnya tukang siomay, tukang bakso, tukang gorengan ataupun ibu- ibu yang menjual masakan di warteg.

Seperti itu beberapa jenis pekerjaan yang terdapat di Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan- pekerjaan yang dapat kalian lakoni di zaman sekarang ini,

terlebih perkembangan ilmu pengetahuan serta dunia digital membikin lapangan pekerjaan makin besar. Tidak heran saat ini ini bermunculan pekerjaan baru semacam Youtuber, Selebgram, dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar