Cara Screenshot di Laptop dan PC komputer

Bermacam cara screenshot di laptop dan Komputer dengan cara mudah, gunakan tombol, fitur hingga aplikasi. Simpan tangkapan layar jadi praktis.

Mengambil screenshot ataupun menangkap layar merupakan cara cepat dan mudah untuk mengambil suatu gambar, kemudian menyimpan beberapa ataupun keseluruhan tampilan layar di perangkat yang kalian gunakan.

Mulai dari tampilan permainan hingga lukisan yang mau kalian bagikan ke sahabat. Bisa dengan mudah tersimpan di arsip pc kalian tanpa ribet.

Perlu kalian ketahui, apabila kalian mengambil gambar layar pada laptop ataupun personal computer( PC) dengan sistem operasi Windows, kalian tidak hanya bisa menggunakan satu metode buat melakukannya.

Cara Screenshot di Laptop dan PC

Banyak tata cara yang bisa kalian terapkan buat menyimpan tampilan pada layar laptop-mu. Yuk, ikuti berbagai cara buat mengambil screenshot pada layar laptop dan Komputer kalian berikut ini:

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

Buat menangkap semua layar, menekan tombol Print Screen (PrtScn). Tangkapan layar tidak akan disimpan sebagai arsip, namun hendak disalin ke clipboard.

Oleh sebab itu, kalian harus membuka aplikasi pengeditan gambar semacam Microsoft Word ataupun Paint, serta salin screenshot yang baru diambil ke aplikasi itu.

Setelah hasil kelihatan di layar, kalian tinggal menyimpan gambar hasil gambar layar.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – LightShot

cara screenshot di laptop

Apabila kalian membutuhkan lebih banyak alternatif untuk memilih serta menyesuaikan gambar layar (dan tidak keberatan mengunduh aplikasi baru), kalian dapat download aplikasi LightShot.

LightShot merupakan alternatif yang lebih bagus buat pekerjaan yang lebih profesional ataupun gambar layar yang memerlukan pengeditan signifikan.

3. Menggunakan Tombol Alt + Prtscn

Buat mengambil tangkapan layar dengan cepat dari Windows aktif, maanfaatkan jalan pintas keyboard Alt+PrtScn.

Ini akan menangkap Windows kalian yang lagi aktif serta menyalin tangkapan layar ke clipboard. Kalian wajib membuka aplikasi di editor gambar buat menyimpannya.

4. Menggunakan Tombol Windows Key + Prtscn

Buat menangkap semua layar dengan cara otomatis menyimpan gambar layar, tekan tombol Windows key+ tombol Prtscn.

Layar kalian akan merdup sebentar buat menunjukkan kalau kalian baru saja mengambil gambar layar, dan tangkapan layar akan disimpan ke folder gambar.

5. Menggunakan Tombol Windows Key + Shift + S

Layar akan meredup serta penunjuk mouse laptop akan berubah. kalian bisa menarik kursor buat memilih bagian layar yang akan diambil gambarnya.

Tangkapan layar akan disalin ke clipboard  yang bisa kalian tempelkan ke program ataupun aplikasi lain. (Jalan pintas ini cuma berfungsi apabila kalian menginstal sistem operasi Windows 10 versi terbaru).

6. Menggunakan Tombol Logo Windows + Volume Turun

Apabila kalian memakai perangkat Microsoft Surface, kalian bisa menggunakan tombol fisik buat mengambil tangkapan layar dari seluruh layar kalian.

Mirip dengan cara kalian dalam mengambil tangkapan layar di handphone ataupun tablet lain.

Buat melakukan ini, tahan tombol sentuh logo Windows di bagian bawah layar Surface kalian dan tekan tombol volume-turun fisik di bagian tablet. Layar hendak meredup sebentar dan gambar layar dengan cara otomatis disimpan ke folder gambar

7. Mengenakan Game Bar

Kalian bisa menggunakan game bar buat mengambil gambar layar, baik kalian sedang bermain games ataupun tidak.

Tekan tombol Windows+ G buat memunculkan games bar. Dari sini, kalian bisa mengklik tombol screenshot di games kafe ataupun menggunakan jalan pintas keyboard default tombol Windows+ Alt+ PrtScn buat

mengambil screenshot layar penuh. Untuk menata jalan pintas keyboard screenshot games bar kalian sendiri, kalian bisa pergi ke pengaturan

8. Memakai Snipping Tool

Aplikasi ini bisa mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel semacam persegi panjang, Windows yang aktif saja, ataupun layar penuh.

Cara memakainya lumayan, buka aplikasi bawaan Windows, yakni Snipping Tool. Setelah terbuka, klik tombol new untuk memulai proses screenshot.

Jenis snip default merupakan snip persegi panjang, namun kalian juga bisa mengambil snip dalam format bebas yang lainnya.

Snipping tool tidak secara otomatis menyimpan gambar layar, kalian harus menyimpannya dengan cara manual di aplikasi itu sebelum kalian keluar. Jika sudah, aplikasi ini secara otomatis akan menyalin tangkapan layar kalian ke clipboard.

Nyatanya ada banyak cara screenshot di laptop dan layar Komputer tidak hanya menggunakal tombol Printscreen. Kedelapan cara di atas sangat efisien dicoba. Kamu tinggal pilih sesuai kebutuhan. carolesundfoundation.com

Tinggalkan komentar