19 Alat Musik Tradisional Indonesia

Alat musik tradisional – Indonesia adalah negara yang kaya akan nilai budaya. Dari berbagai bahasa, budaya dan adat istiadat.

Semua elemen tersebut akhirnya berhasil menciptakan kesenian tradisional yang menggambarkan setiap daerah yang ada di Indonesia.

Sata kita membicarakan mengenai kesenian tradisional, rasanya tidak mungkin melewatkan alat musik tradisional Indonesia.

Beragam alat musik menjadi sesuatu yang harus dijaga dan dibanggakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sayangnya kesenian tradisional sudah ditinggalkan di era modern seperti sekarang ini.

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia 

Dalam rangka mengenalkan dan melestarikan alat musik tradisional, berikut ini kumpulan 19 jenis alat musik daerah di Indonesia yang mungkin belum Anda ketahui.

Berikut daftar alat musik daerah yang dipukul, alat musik daerah dengan ditiup, dan alat musik yang digesek atau dipetik.

1. Alat Musik Gong

alat musik gong

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan alat musik gong. Gong adalah alat musik Jawa Tengah. Gong adalah salah satu alat musik Tionghoa yang artinya menghasilkan suara melalui getaran dari seluruh alat musik itu sendiri.

2. Alat Musik Rebab

alat musik rebab
kamerabudaya.com

Alat musik yang memiliki model seperti busur ini disebut Rebab. Rebab adalah alat musik Jawa Barat. Anda bisa memainkan alat musik Rebab ini seperti biola.

3. Alat Musik Kecapi

Alat Musik Kecapi
blog.elevenia.co.id

Untuk alat musik Kecapi ini termasuk sebagai instrumen kordofon. Kordifin adalah alat musik yang bisa menghasilkan suara dari senar.

Alat musik Kecapi merupakan alat musik dari Sunda. Kecapi adalah alat musik utama dalam Tembang Sunda. Cara memainkan Kecapi adalah dengan memetik senar.

4. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Kolintang merupakan alat musik Minahasa yang ada di Provinsi Sulawesi Utara berbentuk segi empat trapesium dengan papan kayu dengan ukuran yang berbeda-beda.

Saat dipukul, setiap potongan kayu akan mengeluarkan suara yang berbeda. Oleh karena itu, kolintang merupakan alat musik idiofon karena menghasilkan suara melalui getaran nya sendiri.

Masyarakat Minahasa percaya bahwa nama kolintang berasal dari bunyinya, yaitu tong (suara rendah), ting (suara tinggi) dan tang (suara normal). Tong ting tang menjadi kata kulintang sehingga mudah dilafalkan oleh masyarakat Minahasa.

5. Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang

Bonang merupakan alat musik Jawa Timur. Bonang sendiri terbuat dari kuningan. Terkadang bonang digunakan dalam memperingati upacara adat setempat.

Bonang juga salah satu alat musik asli Indonesia yang digunakan dalam pertunjukan gamelan.

6. Alat Musik Gendang

Alat Musik Gendang

Sebenarnya, setiap daerah memiliki alat musik seperti Gendang. Dan biasanya ada nama yang berbeda di tiap daerah. Namun Gendang itu sendiri berasal dari Yogyakarta.

Kendang juga merupakan salah satu alat musik yang digunakan dalam pertunjukan musik gamelan. Mainkan instrumen dengan cara dipukul dengan mengetuk atau mengetuk kulit di sisi kiri dan kanan instrumen.

7. Alat Musik Tradisional Angklung

Alat Musik Tradisional Angklung

Angklung adalah salah satu alat musik daerah yang masih sering digunakan. Banyak musisi menggunakan Angklung  seperti Orkestra.

Angklung dibuat dari bambu, dan Anda dapat memainkan alat musik ini dengan cara digoyangkan hingga bambu tersebut mengeluarkan bunyi akibat getaran.

8. Alat Musik Sampe

Alat Musik Sampe

Mungkin nama alat musik tradisional Sampe masih asing bagi kebanyakan orang. Ya, karena Sampe sendiri berasal dari Kalimantan Timur.

Sampe termasuk sebagai instrumen tremolo, yang dapat mengeluarkan suara dari dawai. Dari segi bentuk, Smape sangat mirip dengan instrumen Kecapi.

9. Alat Musik Aramba

Alat Musik Aramba

Aramba sekilas memiliki bentuk yang sama dengan gong. Namun, aramba berukuran lebih kecil.

Cara memainkan kedua alat musik ini sama. Aramba juga bisa dimainkan dengan cara dipukul dengan tongkat untuk mengeluarkan suara.

10. Alat Musik Doli-doli

Alat Musik Doli-doli

Bentuk alat musik Bengkulu ini sangat mirip dengan bedug. Namun, jika kedua sisi Gendang bisa dipukul, bagian atas doli-doli hanya memiliki satu sisi.

Bagian bawah instrumen berbentuk bulat. Oleh karena itu, secara keseluruhan instrumen berbentuk setengah lingkaran.

11. Alat Musik Ganda

Alat Musik Ganda

Ganda atau Kanda merupakan alat musik Gorontalo yang mirip dengan Gendang. Alat musik asal Sulawesi ini hanya bisa dimainkan dengan cara ditabuh pada kulitnya.

Namun Ganda memiliki tubuh yang langsing dan tinggi. Tidak seperti drum atau doli-doli, mereka lebih pendek dan lebih tebal.

12. Alat Musik Sasando

Alat Musik Sasando

Sasando merupakan alat musik dengan cara dipetik dan berasala dari Tanah Rote di Nusa Tenggara Timur atau NTT. Alat msuik ini terbuat dari daun lontar. Alat musik tersebut dimainkan seperti gitar dan mirip seperti harpa.

Bentuk sasando sangat unik. Suara yang dihasilkan saat memainkan sasando juga sangat khas.

13. Alat Musik Kolintang

Alat Musik Kolintang

Alat musik Indonesia selanjutnya adalah kulintang. Alat musiknya terdiri dari deretan gong kecil yang diletakkan mendatar.

Kolintang yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan ini terbuat dari kayu. Untuk jenis kayu yang dibuat dengan menggunakan kayu lokal.

14. Alat Musik Lalove

Alat Musik Lalove
bukalapak.com

Lalove merupakan alat musik yang berasal dari wilayah tengah Kepulauan Sulawesi. Keduanya sama-sama terbuat dari bambu, membuat alat musik ini sering tertukar dengan seruling.

Nyatanya, Lalove adalah alat sakral, karena tidak semua orang bisa memainkan alat musik ini. Biasanya lalove digunakan dalam tarian tradisional Bali Mengiri yang merupakan ritual penyembuhan suku Kaili di Sulawesi Tengah.

15. Alat Musik Pupuik Tanduak

Alat Musik Pupuik Tanduak

Orang Minangkabau membuat alat musik daerah ini dengan tanduk kerbau. Alat musik ini dibuat dengan cara memotong ujung tanduk, sehingga membentuk rongga hingga ke pangkal.

Saat memainkan pupuik tanduak, alat musik ini akan mengeluarkan suara yang keras mirip dengan terompet.

16. Alat Musik Suling

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik Indonesia Jawa Barat. Karena sejak kita masih SD biasanya diajari memainkan alat musik seruling tradisional.

Alat musik ini umumnya terbuat dari bambu dan cara memainkannya yaitu dengan cara ditiup. Saat memainkan, jari-jari Anda harus menutup lubang pada not untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

17. Alat Musik Demung

Alat Musik Demung
bukalapak.com

Demung merupakan alat musik daerah yang masih termasuk dalam keluarga Balungan. Dalam pertunjukan musik gamelan ada dua jenis demung, yaitu demung dengan nada pelog serta slendro.

Meski bentuknya besar, sebenarnya demung menghasilkan oktaf paling rendah dalam alat musik Balungan. Demung biasanya terbuat dari kuningan, tinggal dipukul dengan pemukul khusus.

18. Alat Musik Karinding

Alat Musik Karinding

Alat musik Karinding merupakan alat musik daerah yang berasal dari Jawa Barat. Cara penggunaan alat musik ini adalah dengan mengoleskan kari di bibir, kemudian di ketuk alat tersebut hingga menghasilkan resonansi.

Alat musik Karinding biasa digunakan sebagai pengusir hama di sawah. Bunyi karinding berasal dari gesekan genggaman dan ketukan ujung jari.

19. Alat Musik Kuriding

alat musik kuriding

 

Alat musik daerah ini sangat unik. Mengapa? Karena alat musik ini di buat dari tumbuhan yang disebut dengan suku dayak, berasal dari pelepah tua pohon joko. Di tengah Kuriding terdapat lidah dengan ujung lancip mengarah ke ujung sehingga akan mengeluarkan suara saat dipukul.

Demikian ulasan alat musik tradisional Indonesia. Ini membuktikan betapa beragamnya budaya yang kita miliki dan harus dilestarikan untuk anak cucu kita.

Alat Musik Tradisional

Tinggalkan komentar