Alat Musik Ritmis

4 min read

pengertian alat musik ritmis

Alat musik ritmis dibagi menjadi tiga fungsi, yaitu ritme, harmoni, dan melodi. Dalam artian, alat musik ritmis adalah alat musik tanpa nada tertentu, sehingga alat musik tersebut hanya bisa dimainkan sebagai pengiring irama lagu dan mengatur tempo.

Biasanya metode memainkan alat musik dengan perkusi, tetapi beberapa alat musik ritmis dapat dimainkan dengan mengesek dan di goyang.

Karena instrumen ini tidak memiliki nada dan hanya dapat dimainkan sebagai pengiring, maka bentuk instrumen tersebut lebih sederhana dan hanya dapat menghasilkan satu suara, tetapi instrumen ini dapat membuat musik yang dihasilkan lebih stabil selama permainan berlangsung.

Fungsi Alat Musik Ritmis

fungsi alat musik ritmis
liputan6.com

Mengenai fungsi alat musik ritmis, selain sebagai alat musik pengiring juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai pengatur ritme atau kecepatan dalam musik atau lagu.

Oleh karena itu, keberadaan alat musik ini sangat penting untuk mengatur irama dan nada musik lagu. Tujuannya adalah untuk menjadikan kualitas musik yang sempurna.

Selain itu, dibawah ini kita akan memahami beberapa fungsi instrumen lainnya dari poin-poin berikut:

  • Untuk koreografi
  • Lagu dengan melodi tertentu
  • Harmoni musik yang indah
  • Tolok ukur untuk memasukkan bagian tertentu dari lagu tersebut
  • Mengatur tempo
  • Mengarahkan pada irama da juga lagu

Macam-Macam Alat Musik Ritmis

macam macam alat musik ritmis

Setelah memahami arti dan fungsi dari alat musik ini, kini saatnya Anda juga memahami berbagai jenis alat musik tersebut. Beragam alat musik ini tidak hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga bunyinya yang unik dan indah.

1. Kendang

alat musik kendang
shopee.com

Kendang adalah salah satu alat musik terpopuler di Indonesia. Tahukah Anda mengapa gendang termasuk dalam alat musik ritmis?

Karena gendang memiliki fungsi sebagai pengatur ritmis dan instrumen ritmis. Kecuali drum yang tidak memiliki nada tertentu, cara memainkan drum adalah dengan memukul di atas permukaan yang terbuat dari kulit yang diregangkan.

Ada banyak jenis gendang, antara lain gendang  ketipung, kendang ciblon / kebar, dan juga gendang kalih. Instrumen gendang juga termasuk alat musik dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

2. Drum

alat musik drum
bentleymusic.com

Awalnya drum terbuat dari kulit dan direntangkan pada penyangga, namun di era modern ini, kendang tidak terbuat dari kulit, melainkan plastik.

Cara menabuh drum dengan kedua tangan atau alat khusus disebut stik drum. Orang yang memainkan perangkat drum disebut drummer.

Drum sendiri merupakan seperangkat instrumen perkusi, terdiri dari berbagai jenis drum, seperti bass, snare drum, chip, hardwood dan dual pedal. Di Indonesia snare drum dan bass biasa digunakan dalam musik Betawi.

3. Kastanyet

alat musik Kastanyet
tokopedia.com

Instrumen Kastanyet sering digunakan sebagai pengiring irama tarian Spanyol. Bentuknya yang mirip cangkang terbuat dari sepasang kayu keras cekung atau gading.

Selain kayu, saat ini banyak alat musik yang terbuat dari bahan sintetis, seperti plastik.

Cara memainkanya yaitu dengan menepuk di tangan kiri dan letakkan kasatanyet di tangan kanan untuk memainkan alat musik. Ada kepingan kayu yang bertemu satu sama lain untuk mengeluarkan suara.

4. Marakas

alat musik Marakas
shopee.com

Marakas termasuk dalam kategori alat musik tradisional. Cara memainkan marakas adalah dengan digoyang hingga mengeluarkan suara lembut seperti angin laut yang segar di daerah pesisir.

Meskipun cukup mudah dimainkan, dibutuhkan keterampilan untuk mengenali bahwa suatu musik memiliki ritme yang cukup tinggi dalam sebuah band atau pertunjukan.

Suara yang dihasilkan berasal dari partikel kecil di Pegunungan Malaca, biasanya berupa partikel atau kerikil. Marakas masuk dalam model perkusi autophones atau idiophones ini merupakan hal penting pada musik salsa, charanga, rumba, cuba, serta trova ensemble.

5. Conga

alat musik conga
carolesundfoundation.com

Alat musik conga juga biasa disebut sebagai tumbadora dari negara-negara Kuba. Bentuknya seperti drum, namun memiliki ukuran yang lebih besar dan hanya memiliki selapis membran.

Cara memainkan alat ini dengan cara perkusi atau ditepuk, biasanya dengan dua buah conga yang disejajarkan atau dirangkai dengan besi.

Ada tiga jenis conga, yaitu quinto, tumba atau salidor dan tres dos atau tres golpes.

6. Simbal

alat musik Simbal
musikterbaruaje.blogspot.com

Tahukah anda arti dari sebuah alat musik Simbal? Simbal merupakan alat musik kuno di dunia karena sudah ada sejak jaman dahulu kala. Instrumen terdiri dari lembaran logam melingkar dengan bagian tengah yang menonjol.

Cara memukul simbal yaitu dengan alat Sering digunakan untuk pertunjukan pada marching band.

7. Tifa

alat musik Tifa
negerikuindonesia.com

Alat musik tifa berasal dari Indonesia bagian timur, khususnya di Maluku dan Papua. Alat musik tersebut menyerupai drum. Bentuknya seperti tabung dan mengeluarkan suara yang agak ringan.

Alat musik yang terbuat dari bahan kayu pilihan ini terdiri dari beberapa jenis, seperti Tifa Knot, Basic Tifa, Chetifa, dan Bass Tifa.

Cara memainkan tifa dengan memukul dengan telapak tangan biasanya digunakan untuk mengiringi kegiatan seperti upacara adat, kesenian tradisional, dan penyambutan tamu.

8. Rebana

alat musik Rebana
tokopedia.com

Rebana termasuk dalam alat musik tradisional yang bentuknya mirip dengan kendang namun berbentuk bulat serta pipih.

Cara memukul alat musik dengan telapak tangan akan mengeluarkan bunyi. Beberapa jenis rebana, seperti rebana pembuka, rebana ketal dan juga rebana maukhid.

Alat musik rebana ini terbuat dari kayu dengan lubang di bagian tengahnya dilapisi kulit binatang yang akan dipukul saat dimainkan. Biasanya kulit kambing, sapi atau kerbau dan ini umum di gunakan.

Biasanya rebana dimainkan bersama dengan Gambus, diiringi tarian zapin, atau nyanyian Casida atau Hadroh.

9. Triangle

alat musik Triangle
encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/

Alat musik Triangle sangat sederhana, terbuat dari batang logam segitiga. Cara menggunakannya yaitu dengan memukul dengan tongkat kayu atau sejenis tongkat kayu berbahan besi.

Bagian perkusi konstitutif terdiri dari segitiga, dan alat musik ini dapat mengeluarkan suara dengan cara digetarkan ke segala arah. Meski bentuknya sederhana, segitiga memiliki fungsi untuk menambahkan imbuhan pada lagu.

10. Timpani

alat musik Timpani
indiamart.com

Timpani merupakan alat musik tradisional besar dari Eropa. Alat musik ini termasuk dalam jenis alat musik perkusi, berbentuk gendang, seperti mangkok besar dengan lapisan kulit di atasnya.

Cara bermain timpani adalah dengan menggunakan alat perkusi khusus yang disebut tongkat timpani. Bentuknya seperti tongkat dengan wol yang dibungkus kain atau kapas di ujungnya. Biasanya timpani dimainkan dalam sebuah orkestra.

11. Tamborin

alat musik Tamborin
carousell.com

Alat musik tamborin adalah lingkaran logam dengan pelat logam di setiap sisi kelilingnya. Ada jenis tamborin  lainnya, ditambah guncangan logam yang berdenting saat dimainkan.

Cara memainkan tamborin adalah dengan mengoyangkan tamborin hingga lempengan logam saling bertabrakan dan mengeluarkan bunyi.

Tamborin modern memainkan peran yang sangat penting dalam sebuah orkestra, yang berfungsi mendorong perubahan warna suara selama pertunjukan musik. Alat musik kecapi

12. Ketipung

alat musik Ketipung
tokopedia.com

Instrumen ketipung mirip dengan kendang tetapi ukurannya lebih kecil. Ketipung terbuat dari kayu dengan lubang berukuran 20 sampai 40 cm di tengahnya.

Cara memainkannya yaitu dengan cara dipukul dan dimainkan seperti gendang, suara yang dihasilkan ketipung dapat dipadukan menjadi musik keroncong, dangdut atau melayu.

Ketipung sangat populer di Indonesia karena merupakan alat musik tradisional di Indonesia dan termasuk dalam alat musik gamelan.

Itulah jenis alat musik ritmis populer. Meskipun tidak memiliki nada yang berbeda, Anda tetap perlu banyak latihan untuk memainkan alat musik ini. Setidaknya Anda harus mengetahui ritme lagu untuk menggunakan alat musik ini dalam membawakan musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *