Alat Musik Melodis Fungsi, Pengertian, dan Contohnya

Kita tahu jika alat musik melodis adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan musik. Secara umum alat musik digolongkan menjadi tiga jenis sesuai dengan fungsinya dalam musik pengiring, yaitu alat musik ritmis, dan juga alat musik harmoni.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara detail alat musik melodi. Berikut pembahasan pengertian, jenis dan fungsi alat musik melodi:

Pengertian Alat Musik Melodis

Pengertian Alat Musik Melodis
apkpure.com

Instrumen atau alat musik melodis adalah instrumen yang dapat menghasilkan melodi dalam sebuah lagu, tetapi biasanya tidak dapat memainkan cord dengan sendiri.

Artinya, alat musik melodi adalah alat musik yang menghasilkan nada do, re, mi, fa, so, la, si, do, atau isyarat, yang dapat melengkapi bunyi yang dihasilkan alat musik ritmis.

Fungsi Alat Musik Melodis

contoh alat musik melodis

Alat Musik iniĀ  dapat digunakan sebagai alat untuk mengatur nada musik atau lagu. Saat ini semakin banyak instrumen melodi yang dapat ditemukan.

Alat musik melodi dapat dimainkan dengan berbagai cara, termasuk ditiup, dipetik, ditekan, di goyang, atau di gesek.

Contoh Alat Musik Melodis

contoh alat musik melodis

 

Memang banyak perubahan pada alat musik melodi. Ada instrumen melodi tradisional dan instrumen melodi modern. Berikut beberapa contoh alat musik melodi tradisional dan modern:

1. Gitar

Alat musik melodi adalah salah satu alat musik yang paling terkenal dan banyak digunakan. Terbuat dari kayu, dengan 6 dawai, inilah sumber bunyinya.

Tekan not E, A, B, G, B, dan E dari atas ke bawah. Ini menunjukkan bahwa gitar adalah instrumen untuk membentuk nada.

Jika dimainkan dengan benar, gitar dapat menghasilkan 144 cord atau beberapa nada cord.

2. Kecapi

Kecapi adalah alat musik melodi dan termasuk dalam kategori tradisional. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat. Kecapi tersebut terbuat dari kayu yang diberi benang, sehingga cara memainkan alat ini adalah dengan memetiknya. alat musik Kecapi digunakan sebagai pengiring lagu daerah yang lembut, seperti dalam lagu tembang.

Mengenai fungsinya dalam musik pengiring, alat musik kecapi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Kecapi rincik dan Kikapi indung. Mengenai Kecapi indung memiliki ukuran besar, dengan 18 atau 20 senar, dan biasanya memimpin musik dengan menyediakan intro, dan selingan. Pada saat yang sama, kecapi rancik biasanya memiliki lima belas dawai untuk memperkaya musik pengiring.

3. Sasando

Alat musik Sasando juga merupakan alat musik melodi tradisional. Sasando adalah alat musik melodis yang berasal dari Pulau Rote atau Nusa Tenggara Timur. Mirip dengan kecapi, alat musik ini juga memiliki senar yang bisa dimainkan dengan cara dipetik. Sasando biasanya digunakan untuk mengiringi lagu dan upacara adat setempat.

Alat musik ini terbuat dari bambu dan tumbuh menjadi bambu rangkai. Bagian tengah instrumen memiliki irisan melingkar dari atas ke bawah, yang dapat digunakan untuk meletakkan senar yang direntangkan di sekitar tabung bambu.

4. Seruling

Suling adalah alat musik melodi tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu atau kayu, dengan 6-7 lubang bunyi pada tiang, dan lubang pemanis di kedua ujungnya. Namun, seruling terkini dapat dibuat dari logam, aluminium, dan plastik. Memainkan seruling dengan cara di tiup.

Saat memainkan suling secara kasar dibedakan menjadi tiga jenis yaitu tiupan lembut, sedang, dan keras. Dalam tiupan lembut dapat menghasilkan nada yang lebih kecil. Untuk tiupan sedang digunakan untuk menghasilkan nada menengah. Pada saat yang sama, gunakan tiupan keras untuk menghasilkan nada tinggi.

5. Harmonika

Harmonika adalah alat atau instrumen melodi modern, yang jarang dikuasai kebanyakan orang. Namun, hanya mereka yang telah menguasai harmonika yang dapat menghasilkan suara dan nada yang indah.

Harmonika sebenarnya berasal dari alat musik tradisional Tiongkok yaitu Sheng, yang telah digunakan sekitar lima ribu tahun sejak digunakan oleh Kerajaan Nyu-kwa. Kemudian pada tahun 1821, Chistian Friedrich Buschman menemukan harmonika modern.

6. Biola

Biola adalah alat musik melodi yang dimainkan dengan cara digesek. Biola dirancang memiliki empat dawai (G-D-A-E) dengan pengaturan berbeda, yaitu interval kelima yang sempurna. G adalah not terendah pada instrumen ini.

Alat musik terdiri dari beberapa bagian yaitu badan biola, neck biola, bridge biola, senar, papan jari dan alat bantu lainnya, di antaranya adalah pin penyetel, ekor biola, peniti, tali, dan pengatur lain jika diperlukan Dan dukungan dagu. Jenis biola ada bermacam-macam yaitu biola bass, biola kecil,dan biola besar.

7. Piano

Ini adalah alat musik melodi tertua. Piano berasal dari kata Italia “ianoforte“. Alat musik ini dibuat oleh seorang pria bernama Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an.

Piano merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menekan jari. Alat musik tersebut dibedakan menjadi tiga jenis yaitu baby grand piano, grand piano dan upright piano.

8. Akordion

Akordeon adalah alat musik mirip organ yang berasal dari Sumatera Selatan. Alat musik ini biasanya digunakan sebagai pengiring musik religi dan musik modern. Secara historis, akordeon dibuat pada tahun 1822 oleh seniman Jerman Christian Fried di Berlin.

Akordeon dimainkan dengan cara mengantung di badan pemain. Alat musik ini terbagi menjadi empat jenis, yaitu human accordion, color, concertina dan piano.

9. Pianika

Instrumennya mirip dengan piano, tetapi lebih kecil dan dimainkan dengan meniup tabung fleksibel yang menghubungkan instrumen ke mulut. Pianika menggunakan area bilah keyboard menjadi tiga oktaf. Terkadang alat musik tersebut digunakan sebagai alat pendidikan di sekolah.

Cara bermain pianika yaitu dengan memegang piano dengan tangan kiri, memainkan melodi dengan tangan kanan, dan kemudian meniup slang dengan mulut. Pianica bisa digunakan dalam memainkan melodi utama, dan jika memungkinkan, untuk mengiringi lagu.

10. Mandolin

Alat musik gesek yang mirip dengan gitar dengan latar belakang di Italia kemudian menyebar ke Timur Tengah. Sebagai bagian dari musik tradisional Melayu, masuk ke Indonesia melalui integrasi budaya Arab.

Mandolin sebenarnya adalah telepon vibrato, alat musik yang menghasilkan nada. Mandolin dapat dijadikan alat musik melodi dalam komposisi musik yang lengkap.

11. Kolintang

Salah satu alat musik khas Indonesia yang berasal dari Minahasa.

Alat musik ini terbuat dari papan kayu dan dibuat menjadi alat musik yang dapat menghasilkan suara. Dipukul dengan tongkat kayu.

Instrumen kolintang menggunakan tangga nada diatonis yang umum digunakan di dunia. Karena fungsi solmise maka fungsinya sebagai alat musik dapat menghasilkan nada-nada yang signifikan.

Salah satu alat musik khas Indonesia yang berasal dari Minahasa.

Alat musik melodis ini terbuat dari papan kayu dan dibuat menjadi alat musik yang dapat menghasilkan suara. Dipukul dengan tongkat kayu.

Instrumen kolintang menggunakan tangga nada diatonis yang umum digunakan di dunia. Karena fungsi solmise maka fungsinya sebagai alat musik dapat menghasilkan nada-nada yang signifikan.

Demikian beberapa penjelasan dan penjelasan terkait dengan arti, fungsi dan contoh alat musik melodi. Semoga dalam pembahasan diatas bisa dijadikan referensi dan menambah pengetahuan tentang alat musik melodi.

Alat Musik Melodis

Tinggalkan komentar