Alat Musik Kecapi

Alat musik Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Cara memainkan alat ini yaitu dengan cara dipetik, dimana sumber suara yang dihasilkan adalah dari senar yang dipetik.

Fungsi alat musik ini adalah sebagai alat musik utama dalam Mamaos Cianjuran atau dikenal dengan Tembang Sunda dan juga Kecapi Suling. Kecapi mempunyai nama yang sama dengan tanaman sentul, dan kayu tanaman digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat musik.

Bahkan dari sejarah asal alat musik Kecapi dari Tiongkok, instrumen Kecapi sudah ada sejak lama. Namun masih banyak orang yang belum tahu. Berikut ini adalah ulasanĀ  hal yang harus Anda ketahui tentang instrumen Kecapi.

Sejarah Alat Musik Kecapi

sejarah alat musik kecapi
wikipedia.org

Secara historis, sumber Kecapi ini berbeda. Beberapa orang mengatakan bahwa kecapi berasal dari Jawa Barat dan sering digunakan sebagai pengiring lagu sunda.

Namun menurut catatan sejarah lainnya, Kecapi berasal dari daerah Makassar. Awalnya seorang pelaut di Bugis Makassar, dia berlayar di laut lepas dan meninggalkan gadis pujaannya di darat.

Tiba-tiba terjadi badai di tengah laut, dan tali yang diikatkan ke layar berbunyi karena tertiup angin kencang. Suara yang dihasilkan begitu merdu dan membangkitkan hasrat sang pencinta.

Setelah badai, pelaut mengambil bagian dari tali layar, mengikatnya ke dayung, dan kemudian mengambil tali tersebut.

Setelah kembali ke darat, ia membuat alat musik yang dibunyikan seperti perahu dua tali. Ini adalah asal mula sejarah Kecapi.

Asal Muasal Kecapi di Sulawesi Selatan

Sebagai alat musik tradisional, Kecapi menggambarkan ciri khas budaya Sulawesi Selatan. Jika ditelusuri lebih dalam, tidak ada informasi yang mutlak tentang awal pembuatan dan distribusinya.

Dikutip dari berbagai sumber, Kanjilo adalah asal muasal Kecapi. Alat musik ini terbuat dari kayu pilihan dan berbentuk seperti pinisi. Senar dirangkai di permukaan, dan dibagian kepala diberi tempurung sebagai ruang resinangsi.

Kanjilo dari bahasa Makassar adalah nama ikan yang hidup di air tawar, rawa dan sungai. Sedangkan dalam bahasa Indonesia berarti ikan gabus. Keunikan hidupnya membuatnya digunakan pada alat yang menghasilkan nada tersebut.

Bentuk Alat Musik Kecapi

Bentuk Alat Musik Kecapi
kaskus.co.id

Kekapi di Indonesia tidak hanya memiliki satu bentuk, tetapi juga banyak bentuk yang sangat familiar dan terkenal di masyarakat. Ini termasuk Kecapi Perahu dan Kecapi Siter. Berikut ini adalah keterangan dari kedua kecapi tersebut.

1. Kecapi perahu

Alat musik Kecapi adalah alat musik klasik, dan salah satu bentuk Kecapi adalah perahu.

Seperti namanya, Kecapi perahu adalah sejenis kecapi, bentuknya mirip dengan perahu. Proses pembuatan kecapi ini membutuhkan waktu yang lama, sekitar 3 bulan.

Kecapi perahu ini berbentuk kotak resonansi, terdapat lubang di bagian bawah kotak resonansi, dan nada atau bunyi kecapi berasal dari lubang tersebut. Pada zaman masa lalu, kecapi perahu terbuat dari kayu yang dipahat.

2. Kecapi siter

Instrumen Kecapi selanjutnya adalah Kecapi siter, yang bisa dibilang merupakan bentuk Kecapi yang paling sederhana. Bentuk kecapi di bagian atas dan bawah menyerupai trapesium.

Sama seperti harpa, ada lubang di bagian bawah, dan nada serta suara harpa dihasilkan dari sini. Jenis pada kecapi ini paling baik dimainkan berdampingan dengan seruling bambu, yang juga merupakan instrumen khas Sunda.

Dengan begitu, keberadaan kedua alat musik ini dapat menyelaraskan indah dan uniknya nada musik Sunda. Sistem yang ditemukan di Kecapi adalah pelog, madenda serta salendro.

Fungsi Alat Musik Kecapi

Fungsi Alat Musik Kecapi
google.com

Kecapi merupakan salah satu alat musik tradisional yang tampilannya sangat sederhana, namun proses pembuatannya tidak mudah. Kecapi terbuat dari kayu Kenanga dan harus direndam selama tiga bulan sebelum dipahat menjadi kecapi.

Setelah tiga bulan direndam, kayunya bisa digunakan untuk membuat alat musik kecapi yang bisa mengeluarkan suara indah dengan memainkannya. Senar yang digunakan untuk membuat Kecapi adalah kawat logam atau logam, serta campuran emas dan tembaga, namun karena mahalnya harga jaring baja, banyak kecapi sekarang dibuat dari kawat baja.

Selama ini Kecapi masih banyak digunakan di pesta-pesta atau hajatan. Seperti acara pernikahan atau acara lainnya, seperti artis diiringi nyanyian. Selain karena rumitnya proses pembuatan Kecapi, berikut fungsi alat-alat Kecapi yang terbagi menjadi dua jenis yaitu kacapi indung dan juga kacapi rincik.

Kacapi Indung

Tahukah anda apa Kecapi indung itu? Kecapi indung akan memimpin musik dengan memberikan intro, bridging dan interlude, serta menentukan ritme. Untuk ini, dibutuhkan kecapi besar dengan 18 atau 20 senar.

Kacapi Rincik

Cara ini membutuhkan kecapi yang lebih kecil, yang bisa memuat hingga 15 senar.

Notasi Pada Musik Kecapi

notasi musik kecapi

 

 

Instrumen kecapi harus memiliki nada yang digunakan sebagai dasar lagunya. Dalam kecapi sunda terdapat lima nada trapesium (pentatonik) yaitu Da, Mi, Na, Ti dan La yang berbeda dengan alat musik lainnya.

Instrumen lain biasanya menggunakan not Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do. Lalu, perbedaan tersebut pasti akan membuatnya lebih unik dari yang lain. Walaupun setiap alat pasti memiliki ciri khasnya masing-masing.

Notasi yang digunakan saat memainkan alat musik kecapi adalah notasi drone. Notasi adalah nada, ia juga merupakan bagian dari sistem. Ini disebut heptachordal pelog oleh seniman.

Cara Memainkan Alat musik Kecapi

Cara Memainkan Alat musik Kecapi
gloriamus.org

Biasanya cara memainkan Kecapi dengan cara memetik, teknik petik ini bisa menghasilkan suara yang paling besar. Sumber dari suara kecapi adalah senar atau dawai pada kecapi.

Setidaknya ada tiga teknik memainkan Kecapi ini, yaitu:

Teknik Di Jambret

Keunikan dari teknik bermain kecapi ini bisa didengar dari namanya yang tidak biasa. Ini adalah teknik yang digunakan dengan menggerakkan jari-jari tangan kanan (yaitu ibu jari, jari tengah, dan telunjuk) pada tiga senar yang berbunyi pada saat yang bersamaan.

Sebagai tambahan, gunakan dua jari tangan kiri, ibu jari dan telunjuk, untuk mengisi nada bebas dengan memetik dawai. Alasan disebut teknik jambret karena posisi tubuh seakan-akan ingin menjambret saat memainkannya.

Teknik Sintreuk Toel

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan ujung jari telunjuk tangan kiri dan kanan Anda untuk mengibaskan senar Kecapi seolah-olah Anda sedang mencolek seseorang. Kedua tangan memainkan peran yang sangat penting, karena selama jari telunjuk kedua tangan digunakan untuk memainkan lagu, mereka harus mengoordinasikan konsistensi dan kecepatan nada.

Anda harus melingkarkan jari telunjuk Anda di bawah senar, lalu gunakan jari telunjuk Anda untuk memainkan senar sampai menghasilkan suara yang indah pada Kecapi. alat musik melodis

Teknik Dijeungkalan

Saat menggunakan teknik membalikkan untuk memainkan kecapi, pemain harus lebih condong ke depan dan posisi jari-jarinya sama seperti saat menggunakan teknik menjambret.

Hanya saja, jari-jari tangan kanan pemain memainkan tiga senar sekaligus. Jari-jari tangan kiri memetik senar dan memainkan nada dengan bebas.

Alat musik Kecapi adalah alat musik tradisional dari daerah yang dimainkan dengan cara dipetik. Menurut sejarahnya, kecapi terbuat dari balok kayu, bentuk balok kayu ini sedemikian rupa sehingga sumber bunyinya adalah senar pada bagian tengah.

Selama ini Kecapi masih digunakan sebagai fungsi hiburan dalam berbagai aktivitas. Keunikan alat Kecapi ini terletak pada bentuk dan cara ketika sedang memainkanya.

Tinggalkan komentar